Tingkatkan Pelayanan, Pelindo II Terapkan Transaksi Non-Tunai

Sabtu, 02 September 2017 – 03:30 WIB
Pelindo III. Foto IST

jpnn.com, PALEMBANG - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasabta dengan menerapkan sistem Cashless (transaksi non tunai).

Menggandeng Bank Mandiri, mengimplementasikan Cashless guna memudahkan dan mempercepat proses bisnis di pelabuhan.

BACA JUGA: Kena Jambret, Pasutri Batal Mudik Lebaran

Sinergi kedua BUMN tersebut, teruang dalam perjanjian kerjasama PT Pelindo II dan Bank Mandiri, dalam penerapan transaksi Cashless di Pelabuhan Palembang, Kamis (31/8).

“Sebenarnya sebelumnya sudah dilakukan sistem Cashless, hanya saja kini instrumennya diperbaharui dengan mesin EDC (elektronic data capture) mini dari Bank Mandiri," ujar Imam Rachman, Direktur Keuangan PT Pelindo II.

BACA JUGA: Jalani Sidang Perdana, Pengancam Kapolri Diancam Pasal Berlapis

Dengan demikian, ke depan tidak ada lagi transaki kas di pelabuhan yang berada di bawah PT Pelindo II. Kelebihan sistem ini, disebut Imam bisa lebih realtime. Uang yang masuk bisa langsung diketahui, dan itu per transaksi.

"Prosesnya bisa lebih cepat, sehingga bisa langsung masuk kapal. Bagi pengguna jasa tentunya lebih murah, karena tidak ada biaya transfer lagi," ungkapnya.

BACA JUGA: Revitalisasi Pasar Cinde Disoal Pedagang

Selain itu, disebutnya sistem cashless ini juga lebih aman karena tidak membawa uang tunai lagi. Diterapkan bukan hanya di cabang Palembang, tapi juga seluruh cabang yang ada di bawah PT Pelindo II.

General Manager PT Pelindo II cabang Palembang, Agus Hendrianto, mengatakan Cabang Palembang terus melakukan pengembangan. "Seperti lapangan peti kemas yang sudah dilengkapi perlengkapan modern sehingga bisa lebih optimal," katanya.

Pelabuhan Boom Baru Palembang sendiri merupakan pelabuhan utama di kota Palembang. Menjadi urat nadi perekonomian di Sumatera Selatan. "Hinterland pelabuhan ini sendiri di dominasi oleh sektor perkebunan, pertambangan, serta industri pengolahan bahan mentah," tegasnya.

Regional CEO Region II Bank Mandiri, Aribowo, memaparkan implementasi EDC Mini ATM merupakan langkah awal yang memberikan kemudahan dan keamanan transaksi pengguna jasa di Pelindo II. Sistem EDC ini, pembayaran yang telah masuk ke rekening IPC pada pengguna jasa akan mendapat notifikasi via email.

"Jadi realtime, jelas memberikan kemudahan untuk rekonsiliasi transaksi baik dari sisi pelabuhan maupun pengguna jasa," tukasnya. Menurutnya, untuk menyesuaikan ekosistem transaksi pelabuhan, Bank Mandiri telah memiliki port solution.

"Port solution merupakan produk khusus yang disiapkan untuk menjawab kebutuhan Pelindo II selaku port operator dan para pengguna jasanya," pungkasnya. Hadir pula pihak lain dalam kegiatan tersebut, seperti dari INSA (Indonesian National Shipowner Association) Palembang serta APBMI (Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia). (way/air)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pembegal Pasutri Demi Beli Rokok Itu Ambruk Ditembak Polisi


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler