Tips Memanfaatkan Poin Reward Kartu Kredit Biar Hemat

Sabtu, 07 Januari 2017 – 18:00 WIB
Tips Memanfaatkan Poin Reward Kartu Kredit Biar Hemat. Iustrasi JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran transaksi yang sering dipakai seseorang ketika kegiatan berbelanja dilakukan hingga memiliki tagihan dalam jumlah besar atau ketika sedang kehabisan uang tunai.

Selain sebagai alat bantu pembayaran transaksi, kartu kredit juga dapat memberikan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pemegang kartu.

BACA JUGA: Tips Mendapatkan Keuntungan saat Membeli Mobil Baru

Fasilitas yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari diskon, fitur cicilan, mileages hingga poin reward. Karena alasan-alasan inilah banyak orang yang mengajukan kartu kredit dengan point reward secara online untuk mencoba merasakan fitur-fitur yang berlimpah.

Bank-bank seperti BCA, Standard Chartered, Bank Mega, Danamon, dll merupakan jajaran nama bank yang memiliki produk kartu kredit dengan reward yang berbeda dan beragam di Indonesia.

BACA JUGA: Biaya Penerbitan BPKB Naik, Begini Respons Dealer

Reward poin merupakan suatu fasilitas dari kartu kredit berupa hadiah yang diberikan kepada pengguna sesuai dengan besarnya nilai transaksi yang dibayarkan dengan kartu kredit.

Perhitungan poin reward yang diberikan kepada pemegang kartu kredit juga bermacam-macam sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pihak yang mengeluarkan kartu kredit.

BACA JUGA: 3 Kiat Pengajuan Pinjaman KTA Bunga Rendah

Salah satu kartu kredit yang populer dengan berbagai poin reward adalah kartu kredit dari Bank Mega. Banyak orang yang mengajukan kartu kredit Bank Mega untuk mendapatkan berbagai diskon atau potongan harga dari berbagai toko olahraga.

Kartu ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin mengumpulkan poin reward untuk berbelanja di toko olahraga kesayangan mereka.

Contoh perhitungan reward adalah : jika 1 poin senilai Rp. 1.000 maka ketika transaksi belanja dilakukan sebesar Rp. 200.00 yang dibayarkan dengan kartu kredit tersebut akan memberikan reward 200 poin kepada pemegang kartu.

Jika jumlah poin sudah terkumpul lumayan banyak, poin dapat ditukarkan sebagai kredit pengurang transaksi yang dibayarkan atau hanya ditukar dengan hadiah yang disediakan bank.

Poin reward seringkali diabaikan oleh pengguna kartu kredit dibandingkan dengan promo diskon dan cicilan. Padahal jika benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, reward poin dapat menjadi salah satu fitur kartu kredit yang dapat menguntungkan serta penghematan bagi pemegang kartu kredit.

Ketika seseorang tidak jeli, seringkali fitur poin reward malah menjadikan seseorang boros, sering banyak berbelanja dan bertransaksi hanya untuk mendapatkan jumlah poin reward saja.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan poin reward kartu kredit dalam menghemat uang belanja, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Melakukan pembayaran ketika sedang berkumpul bersama teman

Seringnya acara kumpul-kumpul dilakukan di suatu restoran, mengobrol bersama teman sambil menikmati makanan yang disediakan di menu. Ketika tiba giliran membayar tagihan makanan, kerap kali salah seorang membayarkan total transaksi lalu anggota lainnya akan membayar sendiri-sendiri apa yang mereka makan kepada orang yang membayar total transaksi.

Lakukan pembayaran total transaksi tersebut menggunakan kartu kredit. Secara otomatis poin reward yang dapat didapatkan dari pembayaran transaksi menggunakan kartu kredit juga semakin besar. Tentunya setelahnya transaksi yang Anda bayarkan akan dibagi rata sesuai dengan pesanan masing-masing orang dalam kelompok.

2. Menukarkan reward poin yang didapat sesegera mungkin

Poin reward juga memiliki masa berlaku sesuai dengan kebijakan masing-masing bank. Pahami dengan teliti mengenai ketentuan tersebut dan pastikan poin yang telah didapat dapat ditukar dengan beragam penawaran yang ada.

Tentunya jika poin sampai hangus karena lewat masa berlakunya maka poin tidak akan dapat dimanfaatkan secara optimal.

3. Memanfaatkan poin untuk menghapus iuran tahunan kartu kredit

Beberapa bank penyedia katu kredit menetapkan biaya tahunan untuk penggunaan kartu kredit yang aktif digunakan. Nilai yang ditetapkan juga berbeda-beda sesuai ketentuan bank. Ada yang menetapkan biaya tahunan hanya Rp. 100.000 pertahun hingga Rp. 1 juta pertahun.

Sebagian bank mempunyai ketentuan langsung menghilangkan biaya tahunan dengan cara memotong/mengkonversi beberapa poin yang telah didapat pengguna kartu kredit.

4. Lakukan pembayaran rutin untuk meningkatkan poin reward

Pengeluaran rutin selalu ada setiap bulannya. Mulai dari pembayaran listrik, air, telepon, cicilan tempat tinggal, fitness, serta cicilan KTA. Membayar pengeluaran bulanan dengan kartu kredit akan memudahkan kita mengatur keuangan bulanan serta mendapatkan tambahan reward poin yang lumayan jumlahnya.

5. Menggunakan kartu kredit di setiap transaksi yang sering dilakukan

Hal paling utama dalam menambah poin reward adalah membayar setiap kebutuhan dan transaksi yang sering dilakukan dengan kartu kredit. Sebagai contohnya kartu kredit akan memberikan bonus poin lebih banyak di supermarket A maka lebih baik kita berbelanja dan bertransaksi menggunakan kartu kredit di supermarket A.

Tetap bersikap bijak dalam mengumpulkan dan memaksimalkan reward poin setiap penggunaan kartu kredit. Jangan sampai terbawa keinginan mengejar banyaknya poin dengan terus berbelanja.

Akibat dari mengejar banyaknya poin dapat menjadikan kita boros, cicilan kartu membengkak dan ketika tagihan diluar kendali maka kredit macet juga semakin mengintai.

(jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Trik Mudah Perhitungan Bunga KPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler