Tips Memiliki Mental Kuat Dalam Menghadapi Masalah

Sabtu, 10 Oktober 2015 – 04:05 WIB
Ilustrasi. Foto: Dite Surendra/dok.Jawa Pos

jpnn.com - APAKAH Anda ingin bisa menghadapi naik turun kehidupan dengan kekuatan dan keanggunan? Menjadi kuat secara mental dan emosional bukan sesuatu yang terjadi dalam satu malam.

Bila Anda bisa mulai melihat setiap masalah yang terjadi dalam hidup sebagai kesempatan untuk berlatih menjadi lebih kuat maka Anda akan mulai menambah kebijaksanaan dan pencerahan yang bisa diuji ketika segala sesuatunya menjadi sangat berat.

BACA JUGA: Makanan yang Harus Anda Hindari

Berikut adalah beberapa perubahan hidup yang akan membuat mental Anda kuat dan solid dalam hidup, seperti dilansir laman India Times, Kamis (8/10).

1. Jangan biarkan masalah memengaruhi inti Anda atau siapa Anda sebenarnya

BACA JUGA: Kecanduan Belanja, Nyata atau Tidak?

Orang tangguh memahami bahwa ada pemisahan antara siapa mereka dan apa yang menyebabkan penderitaan sesaat mereka. Mereka percaya pada “ini akan segera berlalu” bukannya mengasihani diri sendiri.

2. Kekuatan mental datang kepada mereka yang sadar diri

BACA JUGA: Tips Merawat Alat-alat Kecantikkan

Ketidaktahuan mungkin kebahagiaan dan bisa membuat Anda merasa lebih baik di saat stres tetapi belajar untuk mengabaikan stres.

3. Sangat baik untuk memiliki orang-orang yang kuat mental sekitar Anda

Kita semua memiliki dukungan sosial tetapi dengan dikelilingi oleh orang-orang yang kuat dan positif justru bisa meningkatkan kekuatan mental Anda. Orang bahagia dan positif tidak hanya menyenangkan tetapi juga menawarkan dukungan dan ruang untuk mengatasi saat-saat yang menegangkan. Mereka akan mendengarkan Anda dan menenangkan Anda di saat-saat terberat Anda.

4. Mulai menerima masalah

Menerima bahwa rasa sakit atau emosional adalah kunci untuk bisa menahan rasa sakit. Orang tangguh memahami bahwa rasa sakit adalah bagian dari hidup. Penerimaan bukan tentang kehilangan harapan atau tak berdaya. Ini tentang membiarkan diri mengalami berbagai macam emosi dan percaya bahwa kita akan bangkit kembali.

5. Self-care adalah perawatan yang terbaik

Memiliki daftar mental dari kebiasaan baik yang mendukung Anda ketika Anda membutuhkannya. Tidur yang baik, diet yang sehat, berolahraga setiap hari, bermeditasi setiap hari adalah beberapa hal yang orang tangguh lakukan setiap hari dan terus melakukannya selama saat-saat sulit mereka juga.

6. Carilah bantuan

Orang yang paling tangguhpun tahu bagaimana untuk mencari bantuan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yogurt Ternyata Juga Bermanfaat untuk Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler