Tips Mencegah Flu Selama Hamil

Selasa, 24 Februari 2015 – 09:16 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - FLU adalah penyakit yang umum terjadi pada kita, apalagi jika cuaca sedang dalam musim perubahan (pancaroba) atau pada musim-musim penghujan. 

Penyakit flu juga bisa menyebabkan ibu hamil menjadi sangat menderita. Saat hamil, seluruh tubuh sering merasa tidak enak, pegal-pegal, mual dan lainnya. Jika ditambah penyakit flu, tentu penderitaan ibu hamil menjadi lebih berat. Apalagi, ibu hamil dilarang mengonsumsi obat-obatan karena dapat membahayakan kesehatan janin.

BACA JUGA: Dapatkan Segera Makanan Ini, Maka Kehidupan Seks Anda akan Meningkat

Sebaiknya, ibu hamil selalu menjaga stamina tubuh agar kekebalan tubuh tetap baik. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Jika ibu hamil merasa mual, maka makanlah secara bertahap. Dalam musim penghujan dimana flu banyak menyerang orang-orang di sekitar kita, maka ibu hamil harus menjaga jarak dari para penderita flu. 

Jika ada anggota keluarga yang terkena flu, ada baiknya orang tersebut menggunakan masker agar tidak menulari ibu hamil. 

BACA JUGA: Ini Kriteria Kamar Tidur Seksi yang Bikin Mood Bercinta Naik

"Karena sistem kekebalan tubuh lebih lemah selama kehamilan, ibu hamil lebih rentan terhadap virus flu," kata OB GYN, Dr. Alane Park, seperti dilansir laman Fox News, Senin (23/2)

Flu meningkatkan peluang Anda mengalami keguguran, terutama pada trimester pertama, serta persalinan prematur dan kelahiran prematur. Selama kehamilan dan sampai dua minggu postpartum, ada juga peningkatan risiko untuk rawat inap dan bahkan kematian.

BACA JUGA: Ini Manfaat Lain Teh Hijau yang Perlu Anda Tahu

Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa cara untuk mencegah flu sehingga Anda dapat tetap sehat selama kehamilan Anda.

1. Dapatkan vaksin flu

Bahkan jika vaksin flu musim ini tidak 100 persen efektif, itu masih lebih baik daripada tidak sama sekali dan Anda bahkan mungkin memiliki gejala lebih ringan jika Anda sakit.

Antibodi yang Anda buat dari vaksin juga diteruskan ke bayi Anda, melindunginya sampai ia berusia enam bulan, saat di mana ia dapat menerima vaksin sendiri. 

2. Cuci tangan Anda

Pastikan untuk mencuci tangan Anda sesering mungkin untuk menghindari virus. Gunakan air hangat dan sabun, menggosok bagian depan dan belakang tangan Anda, di antara jari-jari Anda dan di bawah kuku Anda setidaknya selama 20 detik. Kalau sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

3. Jangan menyentuh wajah Anda

Virus flu dapat dengan mudah menyebar ke mulut, hidung dan mata sehingga yang terbaik adalah selalu menjaga kebersihan tangan Anda.

4. Makan makanan bergizi

Banyak buah-buahan dan sayuran, idealnya 5 hingga 9 porsi sehari, akan memberikan antioksidan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Hindari keramaian

Melakukan kontak dekat dengan orang banyak dapat meningkatkan peluang Anda terserang  flu. Jika Anda akan bepergian, cuci tangan Anda dan menghapus semua permukaan di pesawat dengan tisu desinfektan.

6. Suplemen

Vitamin C, D3, dan suplemen lain dapat membantu Anda untuk menangkis flu. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu tentang suplemen mana yang aman selama kehamilan.

7. Istirahat dan rileks

Mendapatkan cukup istirahat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Juga kelas prenatal yoga, meditasi dan seks dapat membantu mengurangi stres. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Lho yang Bikin Wanita Terhindar dari Stres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler