Tips Menghindari Bau Pada Tindik Telinga

Kamis, 15 Oktober 2015 – 15:13 WIB
ILUSTRASI, FOTO Women Health

jpnn.com - Bagi wanita, menindik adalah hal yang sudah umum dilakukan. Bahkan bayi wanita sudah mulai ditindik di bagian telinga untuk dijadikan tempat menyimpan anting dan pembeda dengan bayi laki laki. Tapi seiring zaman, banyak pergaulan dan trend yang menganggap bahwa penggunaan tindik di bagian telinga menjadi sebuah hal yang keren.

Tapi bagaimana jika lubang di telinga Anda berbau seperti keju busuk? Ternyata itu disebabkan oleh campuran dari sel-sel kulit dan minyak alami yang tersumbat di sana. 

BACA JUGA: Vitamin D Bisa Membangun Kembali Otot Setelah Menopause

“Untungnya, ada cara super mudah untuk mencegah atau menyingkirkan bau yang funky jika Anda menyadarinya. Anda harus membersihkan tindikan di kamar mandi dengan air hangat,” kata pemilik fine jewelry and piercing spa in New York City, Maria Tash, seperti dilansir laman Womens Health Magazine, Rabu (14/10).

“Membersihkan lubang tindikkan sesekali dengan sabun antibakteri juga bisa menghilangkan sel-sel kulit yang bisa menciptakan bau,” jelas Tash.

BACA JUGA: Makanan Untuk Kulit Sehat dan Cerah

Tapi jangan panik jika Anda sudah lama memakai anting-anting namun tiba lubang tindikkan Anda terasa gatal tiba-tiba.

“Infeksi yang tidak umum di tindikan bisa sembuh kok. Anda mungkin hanya alergi atau sensitif terhadap bahan dalam anting-anting Anda (nikel adalah bahan yang paling umum menyebabkan alergi pada lubang tindikkan telinga) yang bisa mengakibatkan kulit telinga kemerahan, nyeri atau gatal-gatal," kata Tash.

BACA JUGA: Ponsel Bisa Membuat Anda Depresi, Ini Buktinya

Namun bisa juga Anda mungkin berurusan dengan tahap awal infeksi. Karena ada benda asing hadir dalam kulit, beberapa bakteri bisa berada di piercing itu sendiri yang bisa menyebabkan tubuh untuk menolaknya sebagai cara untuk melindungi dirinya sendiri.

Inilah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tindikan baru bebas dari iritasi atau infeksi.

1. Tidak pernah menyentuh piercing/tindikkan Anda dengan tangan kotor.

Anda tidak ingin menyentuh pegangan pintu dan kemudian menyentuh perhiasan Anda karena Anda hanya akan mentransfer apa pun yang ada pada pegangan pintu ke piercing Anda.

2. Mengganti seprai tempat tidur Anda sesering mungkin.

Setiap rambut atau bulu pada seprai Anda bisa dengan mudah ditransfer dari sarung bantal Anda ke kulit piercing Anda apalagi jika tindikkan/piercing sedang terluka yang memungkinkan bakteri dari seprai pindah ke piercing Anda.

3. Pastikan Anda nyaman dengan anting-anting Anda

Jika Anda merasa anting-anting Anda terlalu ketat atau terlalu longgar maka lebih baik Anda memastikan dulu apakah anting-anting Anda terlalu ketat atau dipasang pada sudut yang aneh yang tentunya bisa mengganggu Anda.

4. Jangan berlebihan dengan pembersihan.

Asosiasi piercers profesional menyarankan menghindari alkohol, hidrogen peroksida atau solusi kuat lainnya. Sebaliknya, bersihkan daerah sekitar tindikkan Anda sekali sehari dengan sabun cair ringan bebas pewangi atau denga menggunakan larutan garam hangat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Risiko Mengejutkan Mengonsumsi Soda Setiap Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler