Tjahjo Yakin Megawati Sudah Punya Bayangan Calon Sekjen

Jumat, 03 April 2015 – 17:26 WIB
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan nonaktif Tjahjo Kumolo mengatakan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partai berlambang banteng moncong putih di Semarang tahun 2014 lalu, secara organisatoris telah kembali menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP periode 2015-2020.

Karena itu kongres di Denpasar, Bali, 9-12 April mendatang hanya akan beragendakan konsolidasi beberapa agenda kerja strategis untuk membawa posisi politik PDI Perjuangan ke depan. Termasuk akan membincangkan posisi sekjen.

BACA JUGA: KPK Tunjuk Nur Chusniah Isi Kursi Plt Kabiro Hukum

"Siapapun kader partai mempunyai hak yang sama. Tapi setidaknya track record harus sudah teruji sebagai kader partai. Minimal sudah aktif dengan berbagai penugasan jabatan di partai di atas lima tahun kerja," ujarnya, Jumat (3/4).

Calon sekjen kata Tjahjo, juga harus sudah dikenal betul dan harus paham visi misi perjuangan ketua umum selama ini. "Apapun, Ibu Megawati adalah senior,  pendiri dan penggerak partai dari masih PDI sampai menjadi PDI Perjuangan selama ini. Calon sekjen harus bisa bekerja sama dengan Ibu Ketua Umum. Ini setidaknya persyaratan yang tidak tertulis," kata Tjahjo.

BACA JUGA: Memperingati Jumat Agung di Gereja Katedral; Tiada Syukur Tanpa Peduli

Menurut Tjahjo, syarat tersebut diperlukan karena PDI Perjuangan harus dapat mempertahankan kemenangan dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2014 pada 2019 mendatang.

"Saya yakin Ibu Megawati sudah mencermati nama-nama kader yang ada sekarang untuk jabatan sekjen lima tahun ke depan," katanya.

BACA JUGA: Menteri Marwan Targetkan 4 Juta Transmigran

Siapapun figur calon sekjen ke depan, prinsipnya kata Tjahjo, secara idiologis harus sudah teruji dan memunyai keinginan membesarkan PDIP sebagai partai ideologis, konsisten menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI, kemajemukan bangsa dan memunyai komitmen menjaga perjuangan dan pemikiran Bung Karno selaku bapak pendiri bangsa dan pemikiran Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 109 Undangan Disebar, Baru 30 Kepala Negara Konfirmasi di KAA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler