TKI Pulang ke Indonesia setelah Dikira Telah Meninggal 

Kamis, 17 Mei 2018 – 20:13 WIB
Kepala BNP2TKI Nusron Wahid (kiri) menjemput Nenek Jumanti di Bandara Soetta, Senin (14/5). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Jumanti Kiptiyah Bin Bejo, 71, kembali pulang. Padahal, sudah 28 tahun warga Dusun Sawahan, Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, tersebut berangkat bekerja di Riyadh, Arab Saudi.

Awalnya, Kiptiyah sempat berkirim kabar kepada keluarga lewat surat. Dia juga sempat beberapa kali menulis surat dan hanya sekali mengirim wesel Rp 1 juta. 

BACA JUGA: Berkat Kecerdikan Indah, Nela Kembali ke Pelukan Bunda

Namun, hal itu tak dilakukan lagi mulai tahun kedua dia bekerja atau 1991. Selasa malam (15/4), Kiptiyah akhirnya bisa mendarat di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. 

Sebelum tiba di Bandara Blimbingsari, Kiptiyah sempat bermalam di Jakarta. Saat tiba di Banyuwangi, dia dijemput tiga anak dan seorang menantunya dengan mobil. 

BACA JUGA: TKW Sakit Dipulangkan ke Indonesia

Kepulangan Kiptiyah juga didampingi Chairil, kepala seksi Arab Saudi Kemenlu; Panji, koordinator Badan Nasional Penem­patan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Serang dan Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Banyuwangi; serta Ferdinan, koordinator BNP2TKI Serang.

Suasana haru mewarnai penjemputan Kiptiyah. Rindu berbaur hujan tangis. Kiptiyah memeluk erat anak-anaknya. 

BACA JUGA: TKW Ternyata Masih Hidup setelah 6 Tahun Dikira Meninggal

Saking lamanya berpisah, Syaiful Hadi, anak pertama Kiptiyah, sempat lupa wajah ibunya. Demikian pula Kiptiyah yang sempat lupa dengan Syaiful. 

Padahal, beberapa minggu terakhir, mereka sering kontak lewat video call. ''Beda jauh dengan dulu waktu berangkat,'' ungkap Syaiful.

Kali pertama memeluk Syaiful, Kiptiyah memanggil anaknya itu dengan sebutan kakak. Kiptiyah dan Syaiful sempat terlihat kikuk.

Baru setelah dijelaskan, Kiptiyah akhirnya paham bahwa yang baru dipeluknya itu adalah anak pertamanya. Dia juga sempat pangling dengan anak keduanya, Umi Lutfa, 45. Dia memanggil anaknya itu dengan sebutan mbakyu.

Kiptiyah benar-benar tak bisa mengenali anak keduanya itu pada awal perjumpaannya. Tangis pun kembali tumpah.

Syaiful mengungkapkan, pertemuan kembali dengan ibunya benar-benar bagaikan mimpi. Apalagi, dia sempat mengira ibunya sudah meninggal di Saudi.

''Terima kasih ya Allah. Saya kira ibu sudah meninggal. Alhamdulillah, saya bersyukur ibu bisa kembali dan bertemu dengan kami,'' ujar Syaiful yang menjemput ibunya di Blimbingsari bersama dua adik perempuannya.

Dia mengungkapkan, saat ibunya berangkat ke Saudi sebagai TKI, dirinya sedang berdinas.

Ketika itu belum ada cuti sehingga dia tak bisa melepas keberangkatan ibunya. 

Karena lama tak bisa berkomunikasi, anak-anaknya menganggap ibunya sudah meninggal. ''Kami sempat menyimpulkan ibu sudah meninggal di Saudi tempat bekerja,'' lanjutnya. 

Bahkan, kata Syaiful, sebelum ayahnya meninggal, keluarga sempat mengadakan selamatan untuk Kiptiyah. Keluarga berkirim doa untuk Kiptiyah yang dianggap sudah meninggal itu.

''Kami sempat tahlilan,'' terang Syaiful di samping ibunya kemarin.

Kiptiyah kini dibawa ke rumah Syaiful di Dusun Krajan RT 001/RW 002, Desa/Kecamatan Tempurejo. Keluarga sepakat akan merawat Kiptiyah di sana.

Kisah ketemunya Kiptiyah tersebut sebenarnya tak sengaja. Ketika itu, ada TKI asal Madura yang bertemu dengan Kiptiyah di rumah majikannya yang sedang mempunyai hajat. 

Setelah saling kenal, mereka saling cerita. Kiptiyah pun menceritakan kisah dan asal muasal dirinya. 

Dari situlah akhirnya teman Kiptiyah itu berusaha mempertemukan Kiptiyah dengan keluarganya. Lewat media sosial, dia berusaha mengabarkan Kiptiyah ke di tanah air. (jum/ras/c5/diq) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duit Kiriman TKI Mengucur Rp 12,3 Miliar


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tkw  

Terpopuler