Tolak PMN, PDIP Ingin Lengserkan Rini Soemarno?

Sabtu, 31 Oktober 2015 – 17:21 WIB
Ichsanudin Noorsy. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan diduga tengah berusaha menggoyang Menteri BUMN Rini Soemarno dari kursinya di kabinet. Pengajuan penyertaan modal negara (PMN) yang sempat menghambat pembahasan APBN 2016 menjadi amunisi partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Kalau saya lihat dari permainan PDIP targetnya Rini Soemarno, itu salah satunya," ucap pengamat ekonomi Ichsanudin Noorsy dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (31/10).

BACA JUGA: PDIP Anggap Rini Soemarno Hanya Buang-buang Uang Negara

Noorsy mendasari dugaannya pada sikap PDIP terkait masuknya PMN dalam APBN 2016. Dalam rapat paripurna PDIP yang merupakan partai pendukung pemerintah memilih satu suara dengan kubu oposisi menolak pemberian modal tambahan kepada sejumlah BUMN itu.

Noorsy pun meyakini bahwa perombakan kabinet jilid II akan terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, postur APBN 2016 jelas menunjukkan buruknya kinerja kabinet kerja.

BACA JUGA: 2016 Akan Jadi Tahun Pembuktian Janji Jokowi

"Kalau bicara kinerja, maka kita mendapat itu di mana orang baik yang tidak pada tempatnya. Pasti reshuffle jilid II akan terjadi suka atau tidak suka," ujarnya.

Saat ditanya mengenai isu ini, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno tidak memberi jawaban yang tegas. Dia hanya mengakui bahwa penolakan terhadap PMN merupakan pesan kepada Presiden Joko Widodo agar melakukan reshuffle.

BACA JUGA: Tjahjo: Negara Akan Beri Rasa Aman Untuk Pemeluk Agama, Begini Caranya...

"Dari pandangan seluruh fraksi, presiden sudah bisa membaca lah apa pesan dari Senayan (DPR)," ucapnya singkat di lokasi yang sama. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Harusnya Pangkas Proyek Listrik 35 Ribu Megawatt


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler