Tommy Rombak Direksi Humpuss

Selasa, 17 Februari 2009 – 06:19 WIB
ROMBAK DIREKSI: Pemilik PT Humpuss Hutomo Mandala Putra bersama Direksi baru PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk, Direktur Utama Antonius W Sumarlin (kiri) dan Direktur Permadi Soekasah (tengah) usai rapat umum pemegang saham Luar Biasa PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk , Senin (16/2) di Gran Hyatt Jakarta. RUPSLB menyetujui perubahan seluruh anggaran dasar perseroan antara lain penyesuaian dengan peraturan Bapepam LK nomor IX.J.1 tentang pokok pokok anggaran dasar perseroan yang melakukan penawaran umum efek bersifat ekuitas dan perusahaan publik. Foto: Muhamad Ali/Jawa Pos
JAKARTA - Tommy Soeharto kembali menata kerajaan bisnisnya yang sempat ditinggalkan saat menjadi narapidanaSenin (16/2), putra bungsu penguasa Orde Baru Soeharto itu hadir dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS).

Itu merupakan kemunculan pertama Tommy di even perusahaannya secara resmi setelah bebas dari penjara pada 30 Oktober 2006.

Mengenakan jas abu-abu gelap, pangeran Cendana itu menciptakan suasana steril di sekitarnya

BACA JUGA: Parpol Harus Siap Kembangkan Industri

Tommy yang membesarkan Humpuss Group sejak awal 1980-an itu sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan kepada pers
Hanya, sesekali dia mencoba bersikap ramah dan tersenyum kepada audiensi RUPSLB yang mengagendakan pergantian direksi dan komisaris tersebut.

Humpuss Group merupakan pemegang 98 persen saham PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk

BACA JUGA: 11 Tahun Lagi Semua Kebagian Listrik

Di Humpuss Group, Tommy menjabat presiden komisaris
Meski kendali bisnis masih dipegang, sebelumnya Tommy lebih memilih berada di belakang layar.

Komut dan Komisaris Independen HITS Insmerda Lebang menjelaskan, pergantian direksi harus dilakukan terkait dengan krisis global yang saat ini penuh tantangan

BACA JUGA: PPP Tawarkan Trilogi Indonesia Sejahtera

''Saya rasa wajar-wajar saja perusahaan ingin meningkatkan kinerjanya dan butuh orang-orang profesional,'' ujarnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, kemarin (16/2).

Emiten yang bergerak di bidang usaha transportasi tersebut hanya salah satu di antara delapan perusahaan di bawah naungan bendera HumpussKelompok bisnis tersebut memiliki pengalaman di berbagai bidang mencakup energi, petrokimia, hingga transportasiHingga kini, Humpuss Group mempekerjakan 2.000 karyawan di IndonesiaMulai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, hingga Papua.

Rumor di pasar menyebutkan, perombakan dilakukan karena Tommy kurang puas atas kinerja direksi dan komisaris HITSSebab, direksi lama menyimpang dari bisnis inti dengan berencana membeli dan menyewakan kapal senilai USD 170 juta.

Selain Agus Darjanto yang dicopot dari posisi Dirut, pemegang saham mengganti Junanda PSyarfuan (direktur keuangan) dan Bobby Adhika (direktur perkapalan)Agus diganti Antonius WSumarlin dan Junanda diganti Permadi SoekasahDari jajaran komisaris, Chairiansyah Salman diganti Hasan Machbub.

Antonius Sumarlin, Dirut baru, berjanji mengembalikan perseroan ke bisnis inti''Dengan restrukturisasi ini, kami berharap bisa menjawab semua tantangan ke depanTerlebih lagi dengan kondisi market yang ada dan regulasi-regulasi dari Bapepam yang turut berubah,'' ungkap putra mantan Menteri Keuangan J.BSumarlin tersebut.

Dia berharap ada profesionalitas tinggi untuk meningkatkan kepercayaan dari pasar''Kalau kita mencari pinjaman, kan dibutuhkan kepercayaan,'' ujarnya(iw/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapitalisasi Saham, Program Buyback Naik Rp345 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler