Tragedi Ambruknya Jembatan di Dunia

Selasa, 29 November 2011 – 12:29 WIB

JAKARTA—Untuk Indonesia, ambruknya jembatan Kutai Kertanegara (Kukar) pada Minggu (27/11) lalu menjadi yang paling terparah18 orang tewas telah ditemukan, 31 lainnya dilaporkan hilang dan jumlah korban luka mencapai ratusan

BACA JUGA: Konflik Pertanahan Meningkat, SBY Diminta Turun Tangan

Namun tragedi ini bukanlah satu-satunya, karena ternyata di berbagai belahan dunia lainnya, tragedi ambruknya sarana penyebrangan ini juga pernah terjadi.

Pada tanggal 14 Agustus 2010, jembatan Gungahlin Drive Extension di Canberra, Australia, mendadak runtuh
Meski tak ada korban tewas, namun ambruknya jembatan ini membuat 15 pekerja terluka.

Jembatan Myllsilta di Turku, Finlandia runtuh pada 6 Maret 2010 dan tak ada korban jiwa atau terluka

BACA JUGA: Juni 2012 Seymour Mundur dari CIFOR

Pada Juni-Juli tahun yang sama, jembatan ini terpaksa dihancurkan
Penyebabnya, jembatan tertekuk 143 cm karena kesalahan struktur di kedua dermaganya.

Jembatan Kota Chambal di Kota, India, rubuh pada 25 Desember 2009

BACA JUGA: Terpidana Teroris Banyak Dipinjam

Sebanyak 9 orang tewas dan 45 hilangJembatan ini runtuh saat sedang dikonstruksi.

Jembatan suspensi Tarcoles di Orotina, Kosta Rika runtuh pada 22 Oktober 2009Jembatan yang dibangun pada 1924 ini keberatan muatan karena sering dilintasi truk serta ada pipa air melintang di atasnyaLima tewas dan 30 terluka, jembatan rusak total.

Jembatan San Francisco-Oakland Bay yang menghubungkan kedua kota di California, pernah ambruk pada 27 Oktober 2009Penyebabnya justru kesalahan setelah perbaikanSatu orang terluka dan tak ada yang tewas dalam insiden tersebut.

Insiden jembatan runtuh tertua, tercatat pada September 1297, yakni Jembatan Stirling di SkotlandiaJembatan itu kepenuhan karena serbuan penyerang yang melintasinya.

Namun peristiwa jembatan ambruk yang paling mematikan terjadi pada 16 April 1850Jembatan Angers atau disebut juga dengan Basse-Chaine yang menggantung 102 meter di atas Sungai Maine runtuh ketika ada satu batalyon tentara Prancis berbaris di atasnya.   Sebanyak 483 tentara langsung jatuh bersama konstruksi jembatan226 diantaranya dinyatakan tewas.

Sejarah juga mencatat, pada 2 Mei 1845, jembatan Yarmouth ambruk dan menewaskan 79 orangDiyakini penyebabnya karena jembatan tidak sanggup menahan beban orang-orang yang berkerumun di atasnya untuk melihat pertunjukan sirkus.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemen PU Belum Punya Panduan Perawatan Jembatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler