Trofi Villas-Boas buat Sir Bobby

Jumat, 20 Mei 2011 – 22:52 WIB
PORTO - Andre Villas-Boas menjadi sosok fenomenal musim iniPelatih FC Porto itu membawa klubnya menjuarai Europa League setelah mengalahkan Braga 1-0, kemarin dini hari

BACA JUGA: Ultah ke-32, Pirlo Tinggalkan Milan

Dia pun menjadi pelatih termuda yang menjadi juara di pentas Eropa.

Ketika membawa Porto juara kemarin, Villas-Boas baru berusia 33 tahun dan 213 hari
Dengan begitu, dia mematahkan rekor termuda sebelumnya yang dipegang Gianluca Vialli ketika melatih Chelsea

BACA JUGA: Nani dan Chicharito Terbaik di United

Ketika Chelsea juara Piala Winner 1998, Vialli masih berusia 33 tahun dan 308 hari.

Prestasi fenomenal Villas-Boas membuat dirinya kerap mendapat julukan The Next Jose Mourinho
Kebetulan, selain pernah menjadi asisten Mourinho, Villas-Boas juga menapaki jalur yang dirintis pelatih yang kini menangani Real Madrid itu.

Pada musim pertamanya menangani Porto musim 2002-2003, Mourinho berhasil mempersembahkan trofi Liga Portugal dan Piala UEFA (kini Europa League).  Nah, Villas-Boas juga menorehkan prestasi yang sama pada awal tugasnya di Porto musim ini

BACA JUGA: Jaya dan Trinidad Nyaris Adu Jotos

Tapi, catatan Villas-Boas lebih fenomenal karena dia mampu merebut trofi Liga Portugal tanpa pernah menelan kekalahan.

Seperti Mourinho juga, Villas-Boas tidak memulai karirnya sebagai pemainDia memulai karir lapangan hijau sebagai asisten pelatih Sir Bobby RobsonKemudian dia mendapatkan lisensi UEFA saat masih berusia 17 tahun.

Klub pertama yang dilatihnya adalah British Virgin IslandsPada usia 21 tahun, Villas-Boas direkrut Mourinho untuk menjadi asistennya di Porto dan berlanjut ketika melatih Chelsea dan Inter MilanPada 2009, dia mengambil keputusan berkarir sebagai pelatih di Academica de Coimbra.

Hanya semusim di Academica, pada Juni 2010 dia bergabung ke Porto menggantikan Jesualdo FerreiraTernyata, Villas-Boas langsung berhasil di musim pertamanyaMakanya, dia mendedikasikan prestasinya itu untuk Sir Bobby, Jose Mourinho, dan Josep GuardiolaTerutama Sir Bobby yang merekrutnya ketika masih berusia 16 tahun.

"Saya tidak berkesempatan mengucapkan salam perpisahan kepadanyaSaya mendedikasikan kemenangan ini untuk dia dan istrinya Elsie atas apa yang telah mereka berikan kepada saya," kata Villas-Boas, seperti dikutip Goal.

"Saya juga harus mendedikasikannya untuk Josep Guardiola dan Jose MourinhoMourinho mengenalkan saya dengan sepak bola profesional dan telah mengajarkan banyak hal," ujar pelatih yang sekarang menjadi bidikan klub elite Eropa.

Kegemilangan Villas-Boas membuat Chelsea dan Inter Milan menjadi dua di antara sekian klub yang meminatinyaNamun, dengan tegas dia ingin bertahan"Klausul transfer saya sangat tinggi dan saya juga masih memiliki ambisi di klub ini," kata Villas-Boas(ham/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persebaya Tantang Batavia di Soreang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler