Tubuh Terlalu Kurus, Ini 4 Cara Alami yang Bisa Anda Lakukan untuk Menaikkan Berat Badan

Minggu, 25 Desember 2022 – 02:07 WIB
Ilustrasi tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang ingin tubuh mereka sedikit kurus. Namun, banyak pemilik tubuh kurus justru ingin menaikkan berat badan mereka.

Jangan salah, bagi pemilik tubuh kurus, menaikkan berat badan mereka bukan hal yang mudah.

BACA JUGA: 4 Khasiat Jagung, Bantu Turunkan Berat Badan

Orang yang kurus kekurangan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan yang akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan risiko infeksi yang lebih tinggi.

Mereka juga akan sering merasa lelah dan mual. Jadi, jika Anda termasuk dalam kategori ini, maka kamu benar berpikir untuk menambah berat badan.

BACA JUGA: Atasi Kram Menstruasi dengan 6 Cara Alami Ini

Itu akan membuat Anda lebih sehat dan lebih mengendalikan tubuh kamu.

Penting bahwa saat Anda sedang dalam perjalanan menambah berat badan, kamu menambah berat badan melalui massa otot, bukan lemak.

BACA JUGA: Waspada, 5 Kebiasaan Pagi Ini Bikin Berat Badan Anda Mudah Naik

Berikut cara menambah berat badan secara sehat, seperti dikutip laman Pulse.com.gh.

1. Tingkatkan jumlah makan

Jika Anda kekurangan berat badan, kemungkinan besar kamu memiliki nafsu makan yang kecil dan mungkin hanya makan satu atau dua kali sehari.

Ini perlu diubah. Jika Anda memiliki nafsu makan yang kecil tidak apa-apa, tetapi kamu perlu meningkatkan frekuensi makan Anda.

Makan porsi kecil, tetapi makan 5-6 kali sehari. Anda bisa mengonsumsi makanan besar yang tepat dan kemudian kamu bisa mengemil di antaranya.

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di PubMed Central, peningkatan frekuensi makan merupakan cara alami yang pasti akan menyebabkan penambahan berat badan.

2. Diet kaya protein dan karbohidrat

Protein dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Asupan makanan kaya protein yang sehat akan membuat perbedaan besar pada berat badan Anda dan yang akan kamu dapatkan bukanlah lemak.

Makanan seperti telur, daging, ikan, lentil, polong-polongan, merupakan sumber protein yang sangat kaya.

Juga termasuk produk susu seperti yoghurt dan makanan kaya karbohidrat seperti kentang dalam diet akan membantu Anda.

3. Olahraga

Saat ingin menambah berat badan, yang terbaik adalah tetap berpegang pada latihan beban.

Berolahraga dengan barbel dan dumbel akan menyebabkan penambahan otot dan karenanya, meningkatkan berat badan yang sehat.

Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa 3-5 kali latihan beban per minggu menghasilkan kenaikan berat badan yang signifikan.

4. Tidur

Jam tidur yang biasa direkomendasikan adalah 6-8 jam. Namun sebuah studi tahun 2011 mengklaim bahwa tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam bisa membantu menambah berat badan.

Sekali lagi, apakah praktik ini sehat atau tidak masih bisa diperdebatkan, tetapi peserta penelitian menunjukkan peningkatan berat badan mereka dengan mengikuti metode ini juga.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler