Tunanetra Tidak Dilatih Nyoblos

Jumat, 03 Januari 2014 – 18:20 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, menyatakan langkah sosialisasi penyelenggaraan pemilu 2014 kepada masyarakat tidak hanya telah dilakukan KPU di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota semata.

Namun sejak akhir tahun kemarin, petugas pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat kelurahan dan desa, telah turun terlibat secara langsung.

BACA JUGA: Logistik Pemilu Belum Butuh Anggaran Tambahan

"Untuk kegiatan-kegiatan yang langsung ke masyarakat, kita gunakan struktur penyelenggara pemilu yang ada. Seperti PPK dan PPS, mereka turun langsung menyosialisasikan hari pemungutan suara ke masyarakat," ujarnya di Jakarta, Jumat (3/1).

Menurut Husni, sosialisasi yang dilakukan hingga menyentuh semua lapisan masyarakat, termasuk kelompok penyandang cacat. Ia mencontohkan seperti untuk penyandang tunanetra, KPU menyosialisasikan bahwa mereka diperkenankan mendapat pendampingan pada pelaksanaan pencoblosan, 9 April 2014 mendatang.

BACA JUGA: Ribuan Logistik Pemilu Hilang, Ketua KPU Kaget

"Pendamping ini bisa saja petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara), pihak keluarga, atau siapapun yang mereka percaya," katanya.

Dengan adanya kebebasan memilih pendamping, KPU sendiri menurut Husni, tidak terlalu khawatir nantinya penyandang tunanetra akan dibohongi. Alasannya, karena para tunanetra tentu akan memilih pendamping orang yang benar-benar dipercaya.

BACA JUGA: Penyelenggara Pemilu Banyak yang Berpihak

"Makanya mereka harus percaya siapa yang mendampinginya. Kalau itu kan tidak menjadi kewenangan KPU siapa yang mendampingi," ujarnya.

Meski sosialisasi dilakukan, namun Husni mengakui, untuk kalangan tunanetra tidak diberikan pelatihan sebelum dilakukan pencoblosan nantinya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dana Kampanye Golkar Terbesar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler