Turunkan Kolesterol Tinggi Anda dengan 4 Buah Ini

Rabu, 30 November 2022 – 07:54 WIB
Anggur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK diragukan lagi, buah-buahan merupakan salah satu makanan dengan berbagai kandungan gizi dan nutrisi.

Jika Anda rutin mengonsumsi berbagai buah, siapa tahu bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi kamu.

BACA JUGA: Ingin Kolesterol Tinggi Turun Tanpa Obat, Coba Rutin Lakukan 3 Olahraga Ini

Selain serat, buah-buahan juga mengandung senyawa-senyawa kimia yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan membantu memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Jika Anda lebih suka melakukan cara alami untuk menurunkan kolesterol, kamu bisa mengonsumsi berbagai pilihan buah penurun kolesterol berikut.

BACA JUGA: Kulit Wajah Terlihat Bercahaya dan Awet Muda dengan 7 Buah Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin, yaitu serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol.

BACA JUGA: Ingin Perut Terlihat Lebih Rata dan Ramping, Konsumsi 3 Buah Ini

Pektin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.

2. Alpukat

Salah satu buah penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal menunjukkan selain memengaruhi kadar kolesterol, buah ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

3. Anggur

Penelitian yang terdapat di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi anggur merah.

Antioksidan bisa membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL serta trigliserida dalam darah.

4. Jeruk

Jeruk mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Buah jeruk juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C.

Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler