Turunkan Kolesterol Tinggi Anda dengan 6 Makanan Sehat Ini

Kamis, 14 Juli 2022 – 02:10 WIB
Salmon dan sayuran. Foto: foodlife

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK ada orang yang ingin kadar kolesterol mereka meningkat drastis.

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi daging merah, stres, kurang gerak dan lainnya.

BACA JUGA: 9 Minuman Sehat yang Bikin Kolesterol Tinggi Ambyar

Kolesterol dalam darah Anda berasal dari dua sumber yang disintesis tubuh kamu dan apa yang Anda konsumsi melalui makanan.

Mungkin tidak banyak yang bisa Anda lakukan tentang yang pertama, tetapi yang terakhir pasti dalam kendali kamu.

BACA JUGA: Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Mengonsumsi 5 Buah Ini

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

https://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/natural-foods-to-reduce-cholesterol-51246/?fbclid=IwAR2rzRRqKKHE2910RztA0-PXNDJt7QI_edZ_ByN8pvnTFXV_XxEJEpK4VCE.

BACA JUGA: Atasi Susah Buang Air Besar dengan 5 Makanan Sehat Ini

1. Fenugreek

Biji fenugreek adalah sumber kaya saponin steroid yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh yang masuk melalui makanan kaya lemak yang kita makan.

Selain itu, para peneliti juga berspekulasi bahwa saponin ini mungkin berperan dalam mengurangi produksi kolesterol tubuh.

Ini, bersama dengan serat yang ada di kulit biji fenugreek membuat methi menjadi senjata yang berharga dalam memerangi kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, fenugreek juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

2. Bawang putih

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengurangi kolesterol LDL, mencegah kenaikan tekanan darah dan juga mencegah pengendapan plak di dinding arteri, mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa belerang yang bertindak sebagai antioksidan dan juga membantu melebarkan pembuluh darah, menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

3. Bawang merah

Bawang mengandung konstituen yang disebut quercetin yang dikenal sebagai antioksidan kuat.

Ini berarti bisa mencegah efek merusak dari radikal bebas pada jaringan manusia.

Para peneliti telah menghubungkan quercetin bawang dengan peningkatan kadar kolesterol HDL serta rendahnya kadar kolesterol LDL.

4. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut, dan walnut merupakan makanan sehat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang membantu menjaga arteri Anda tetap sehat.

Namun, pastikan Anda memakannya tanpa garam atau gula karena paling sehat jika dimakan polos.

Selain menjaga kesehatan jantung Anda, kacang secara kolektif membantu mengurangi risiko Anda menderita penyakit serius lainnya seperti kanker dan penyakit pernapasan.

5. Ikan

Spesies ikan tertentu adalah gudang asam lemak omega-3 yang sehat yang mengurangi kolesterol LDL dan melindungi jantung.

Herring (Hilsa), salmon, mackerel (choti samudri machli), sarden, halibut dan lake trout adalah sumber asam lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan minyaknya bisa membantu mengurangi risiko diabetes.

6. Oat dan kacang-kacangan

Oat adalah sumber yang kaya serat dan beta glukan. Ketika ini bekerja bersama-sama mereka membawa pengurangan kadar kolesterol LDL secara keseluruhan.

Kacang juga mengandung banyak serat dan bisa membantu mengurangi jumlah serta laju penyerapan kolesterol dari makanan Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler