Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 6 Makanan Sehat Ini

Kamis, 15 Desember 2022 – 06:55 WIB
Ilustrasi anggur hitam. Foto: stylesatlife

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang kini menderita kolesterol tinggi yang berbahaya untuk kesehatan mereka.

Umumnya, kolesterol berada dalam zat makanan yang dikonsumsi akan meningkat kadarnya dalam darah tergantung seberapa banyak makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: 3 Suplemen Ini Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Anda

Oleh sebab itu, semua orang disarankan untuk mengatur makanan yang dikonsumsi guna menjaga kadar kolesterol normal.

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan itu, yakni dengan mengontrol kadar kolesterol, karena merupakan cara efektif untuk mengurangi potensi terkena penyakit jantung koroner.

BACA JUGA: 10 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Mengobati Patah Hati yang Anda Alami

Pasalnya, sejauh pemasukan kolesterol ke dalam tubuh masih seimbang atau sesuai dengan kebutuhan, maka tubuh akan tetap sehat dan tidak akan terganggu mekanisme kerjanya.

Namun, bagi yang telanjur memiliki kolesterol tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi Tak Kunjung Turun, Coba Konsumsi 3 Buah Sehat Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Kacang-kacangan

Menurut beberapa penelitian, kacang-kacangan terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi karena kandungan fitosterolnya.

Pasalnya, kandungan tersebut mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi seperti lemak sehat dan asam amino yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang sehat.

Jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi penderita kolesterol adalah almond dan juga kacang kenari.

2. Buah Tinggi Serat

Buah merupakan tambahan makanan yang bagus untuk diet dan jantung, karena beberapa alasan banyak jenis buah kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat buah kaya serat bisa untuk mendorong tubuh menyingkirkan kolesterol dan menghentikan hati dalam memproduksi senyawa ini.

Pasalnya, salah satu jenis serat larut yang disebut pektin bisa menurunkan kolesterol hingga 10 persen, pektin bisa ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk dan juga strawberry.

Buah-buahan itu juga mengandung senyawa bioaktif yang bisa membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, antioksidan dan efek antiinflamasi saat makan buah pada intinya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol yang buruk.

3. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan tuna dan salmon adalah makanan sehat sumber asam lemak omega-3 terbaik.

Sebab, asam lemak omega-3 pada kedua ikan tersebut mampu mengurangi risiko kematian akibat aritmia jantung atau penyakit jantung koroner.

Disarankan untuk memasak ikan dengan cara direbus, dikukus atau pun dijadikan campuran sup.

4. Sayuran Hijau

Menurut penelitian, sayuran termasuk bahan pangan kaya serat sumber antioksidan dan rendah kalori yang diperlukan untuk menjaga berat badan yang sehat.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung pektin tinggi bisa menjadi penurun kolesterol yang sama seperti buah apel dan juga jeruk.

Sayuran yang kaya pektin di antaranya yakni terung, wortel, dan juga kentang.

Selain itu, sayuran juga menghasilkan berbagai senyawa tanaman yang menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung.

Selain sayuran yang mengandung pektin, sayuran yang memiliki daun hijau gelap dilaporkan bermanfaat juga sebagai makanan penurun kolesterol.

Sayuran hijau gelap seperti kangkung dan bayam terbukti mengandung lutein dan karotenoid yang terkait dengan risiko penyakit yang lebih rendah.

Karotenoid bertindak sebagai antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan arteri mengeras.

5. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki sumber lemak tak jenuh tunggal dengan mengganti lemak jenuh dalam diet.

Manfaat alpukat atau minyak alpukat bisa membuat kadar kolesterol turun hingga 15 persen bagi mereka yang obesitas.

Cobalah untuk makan satu alpukat setiap hari selama lima minggu.

Selain itu, Anda akan merasa lebih sehat karena kadar kolesterol jahat menurun secara drastis.

6. Kedelai

Menurut studi, bahwa kandungan protein dan isoflavon dalam makanan berdasarkan nilai seperti tahu, tempe, dan susu.

Pasalnya, kedelai terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol, tetapi persentase penurunan kadar kolesterolnya memang tidak banyak.

Walau begitu, kedelai tetap baik untuk dikonsumsi karena bisa menjadi sumber protein dengan kadar lemak jenuh yang lebih rendah daripada daging.

Kedelai juga bisa memberikan nutrisi penting lainnya seperti lemak tak jenuh, tunggal vitamin mineral, dan juga serat.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler