UEU dan UPH Berbagi Gelar di LIMA Basketball Greater Jakarta

Kamis, 01 Agustus 2019 – 11:57 WIB
Laga LIMA Basketball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) Season 7, Rabu (31/7). Foto: LIMA

jpnn.com, JAKARTA - Tim basket putri Putri Universitas Esa Unggul (UEU) sukses mempermalukan tuan rumah Universitas Pelita Harapan (UPH) pada laga final  LIMA Basketball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) Season 7, Rabu (31/7)

Kendati mendapat dukungan penuh  dari para penonton, UPH harus rela menyerahkan mahkota juara jatuh ke tangan lawan setelah mereka kalah dengan skor 53-63 dalam laga di Sports Center UPH.

BACA JUGA: LIMA Basketball Greater Jakarta: UPH Kerja Keras Kandaskan Perbanas

Bagi UEU, kemenangan itu sekaligus juga revans atas kekalahan di tempat dan tim yang sama pada tahun lalu.

BACA JUGA: LIMA Basketball Greater Jakarta: UPH Kerja Keras Kandaskan Perbanas

BACA JUGA: Ubaya dan Unair Buka Peluang Kawinkan Gelar LIMA Basketball EJC 2019

UEU langsung tampil agresif sejak tip off.  Sempat menahan perolehan poin tuan rumah selama empat menit pertama, UEU unggul 8-3 di lima menit pertama.

Kuarter pertama berakhir dengan skor 12-9 untuk keunggulan UEU. Student athlete UEU Jane Charissa Adelaide Purwandoyo menjadi motor timnya di kuarter pembuka ini dengan torehan enam poin.

BACA JUGA: LIMA Basketball: Putri Unair Hancurkan Universitas Merdeka 103-18

Pertarungan mengetat di sepuluh menit kedua. Kedua tim bergantian mengambil momentum.

UEU melesat di bagian pertama kuarter kedua dengan tambahan sembilan angka. Selain produktivitas tinggi, UEU juga menunjukkan pertahanan kuat. Ini terlihat saat  UPH tak bisa mencetak poin selama enam menit.

Akan tetapi, UPH melejit di empat menit terakhir kuarter kedua ini. Selain menahan perolehan UEU menjadi empat poin saja, UPH mengukir 12 poin.

UEU masih unggul 25-21 saat turun minum antarparuh pertandingan menarik ini. Tempo lebih meningkat  d paruh kedua laga puncak ini.

UPH sempat di atas angin dan menyamakan skor  34-34 di pertengahan kuarter tiga.

Namun, UEU bisa kembali memperlihatkan kelebihan dalam serangan sekaligus pertahanan untuk menutup kuarter ini dengan angka 46-38.

Hal serupa berlanjut di kuarter akhir. Meski UPH bisa memangkas jarak ketertinggalan mereka menjadi tujuh angka 47-54, hal itu tak cukup karena tim the Swans berhasil mempertahankan keunggulan dan menutup pertandingan dengan keunggulan.

Asisten pelatih putri UEU Andi Oktafiyanto mengatakan, anak asuhnya lebih semangat daripada tahun lalu.

“Jadi, lebih terpacu untuk mengalahkan tuan rumah di kandangnya sendiri. Yang pasti, melihat nasional nanti akan lebih berat lagi. Karena goalnya bukan di sini, tetapi di nasional. UPH juga bagus dari segi pertahanannya. Namun, mereka tidak memiliki pada apa yang kami miliki. Itu rahasia,” ucapnya.

Kekalahan di bagian putri tersebut membuat tim putra UPH tampil trengginas.  Berbekal status juara bertahan sekaligus bermain di depan publik sendiri,  UPH sukses mengalahkan UEU Putra.

Hasilnya pun tak mengecewakan. Fan yang memadati sport hall UPH yang mayoritas adalah pendukung tuan rumah bisa bersorak gembira saat rekan mereka berhasil menumbangkan lawan dengan skor 74-52.

Kemenangan yang sekaligus bayar lunas utang kekalahan yang diderita tim putri mereka yang lebih dahulu kalah pada laga sebelumnya. 

Meski dapat dukungan penuh, bukan berarti UEU bisa ditaklukkan dengan mudah oleh  Muhamad Arighi  dan kawan-kawan.  

Sejak menit pertama, tensi tinggi  dan adu ngotot dalam perebutan bola antar kedua tim sudah berlangsung. 

Hasilnya, perolehan poin pun berlangsung ketat dan saling susul menyusul. Paruh perdana kuarter awal skor sempat imbang 8-8.

Situasi itu terus berlanjut hingga akhir kuarter yang berakhir dalam kedudukan  17-17. Namun, memasuki kuarter dua, UPH melesat dengan cepat sejak kuarter kedua.

Keunggulan tim ini tidak lepas dari permainan cantik Muhamad Arighi yang menyumbangkan 10 angka. Atas poin sumbangan .

Student-athlete ini  membuat UPH unggul 38-26 atas UEU saat menutup kuarter dua. UEU mencoba mengejar keunggulan sang tuan rumah.

Akan tetapi, delapan menit kuarter ketiga, UPH semakin jauh meninggalkan lawannya. UPH mencatat keunggulan 55-38 atas UEU di akhir kuarter ini.

Mendekati kuarter pamungkas, tuan rumah kian merajalela sekaligus mempersempit ruang bagi tim  lawan menambah poin.

Erlan Perkasa dkk berkali-kali melakukan percobaan untuk mengangkat UEU. Akan tetapi  diadang oleh pertahanan tim UPH. UEU bahkan kerap kehilangan bola.

UEU masih belum mampu meruntuhkan perlawanan tuan rumah. Di empat menit terakhir kuarter pamungkas, kedua tim praktis menurunkan tim pelapis seiring skor keduanya berselisih 20 angka.

Gelar pun digenggam tuan rumah. UPH mempertahankan gelar dengan membukukan kemenangan 74-52 atas UEU. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Putri Unika Soegijapranata Juara LIMA Basketball: Kaskus CJYC Season 7


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler