UMKM Binaan Pertamina Raih Predikat Best Eco Friendly di JMFW 2024

Minggu, 13 Oktober 2024 – 13:12 WIB
Pertamina mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya berpartisipasi dalam ajang Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 yang digelar ICE BSD. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya berpartisipasi dalam ajang Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 yang digelar ICE BSD, Tangerang pada 9-12 Oktober 2024.

Kiprah UMKM binaan ini makin bersinar dengan diraihnya penghargaan The Best Eco Friendly Product untuk UMKM Dara Baro.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dalam Apresiasi Mitra BUMN Champion 2024

Produk fesyen dari delapan UMKM binaan Pertamina ikut ambil bagian pada pagelaran adibusana ini, baik melalui pameran maupun fashion show, yakni Dara Baro, Haluan Bali, Batik Jinggar, Prabu byYangke, Shamara, Ronald Moreno sebagai Best Eco Friendly Product, dalam JMFW 2024.

Dara Baro menerapkan metode upcycling melalui teknik jahit boro, yakni menjahit potongan kecil kain, sehingga mengubah limbah tekstil menjadi busana siap pakai berkarakter dan unik.

BACA JUGA: KPBB Dorong Produksi BBM Euro 4, Pertamina Dianggap Kunci Pengurangan Polusi

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menegaskan JMFW merupakan platform internasional yang tidak hanya memamerkan hasil karya para desainer Indonesia, tetapi menjadi kesempatan penting untuk memperkokoh posisi Indonesia sebagai pusat fesyen modis dunia.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini, pihaknya memberikan dukungan serta apresiasinya terhadap produk yang menonjol dari para desainer lokal, khususnya UMKM binaan Pertamina.

BACA JUGA: Puluhan Pelajar Mengikuti Program Magang Pertamina Patra Niaga

“Komitmen Pertamina untuk mendukung pelaku UMKM, khususnya di sektor fesyen untuk mengkurasi produk UMKM, meningkatkan kualitasnya dan membuka akses baik itu akses pendanaan, pemasaran, dan juga pangsa pasar,” ujar Emma.

Pertamina, tambah Emma, akan terus berkomitmen menjaga keberlanjutan UMKM serta memperluas komunitas UMKM di masa mendatang.

Pertamina juga akan mengoptimalkan potensi para pelaku UMKM agar menjadi kekuatan dalam sektor ekonomi kreatif yang dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Dukungan dan pemberdayaan UMKM Pertamina dalam JMFW 2024 ini mendapat apresiasi positif dari salah satu mitra binaan, Defria Kirana, pemilik Haluan Bali, yang telah bermitra dengan Pertamina selama tiga tahun.

“Dukungannya sangat terasa banget dari awal, Bukan hanya soal memberikan kesempatan kami untuk exhibition, tetapi kami juga bisa scale-up karena selalu ada mentoring dan pelatihan-pelatihan. Bahkan kita dilatih sampai mengetahui bagaimana caranya kita memenuhi standar untuk bisa sampai ekspor,” ujarnya.

Defria menambahkan bahwa sebelum menjadi mitra binaan Pertamina, usaha yang dijalankannya belum mengalami perkembangan signifikan, terutama dalam aspek pengalaman, pemasaran, serta akses informasi terkait ekspor.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, tujuh UMKM binaan Pertamina di sektor fesyen terpilih untuk ikut dalam pagelaran adibusana ini karena memiliki produk unik khas Indonesia.

Keunikan itu di antaranya produk yang menggunakan kain nusantara, desain motif yang menggambarkan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Selain itu beberapa UMKM binaan sudah menerapkan prinsip produksi fasyen berkelanjutan.

"Melalui partisipasi ini, diharapkan UMKM binaan Pertamina bisa memperluas pasarnya di Indonesia, hingga kesempatan untuk berjaya di pasar global," ujar Fadjar.

Pembinaan UMKM merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, sejalan dengan komitmen untuk membantu UMKM Indonesia naik kelas dan memperluas pasar ekspor untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Group Borong 12 Penghargaan di Ajang Anugerah Humas Indonesia Award 2024


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pertamina   UMKM   JMFW 2024   TJSL   Mendag Zulhas  

Terpopuler