Ungguli Raja Salman, Setya Novanto Dikalahkan Pengabdi Setan

Rabu, 13 Desember 2017 – 18:54 WIB
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Situs pencarian Google mencatat berbagai hal menonjol sepanjang 2017. Nah, hari ini (13/12), raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu merilis daftar pencarian yang paling populer sepanjang 2017 di Indonesia.

Ada tokoh, event, peristiwa, lagu ataupun film yang masuk dalam daftar 10 besar pencarian Google atau yang dikenal dengan sebutan daftar Google Year in Search. Di puncak daftar pencarian adalah Surat Cinta untuk Starla, sebuah lagu milik Virgoun.

BACA JUGA: Strategi KPK di Sidang Paperadilan Bikin Kubu Setnov Pasrah

Selanjutnya ada film Pengabdi Setan besutan Joko Anwar. Di bawah Pengabdi Setan adalah Setya Novanto.

Sosok Novanto bahkan mengalahkan nama-nama kondang lainnya seperti Joko Widodo (Jokowi), Basuki T Purnama (Ahok) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Novanto ada di posisi ketiga, sedangkan Jokowi di posisi keenam.

BACA JUGA: Kuasa Hukum Setnov: Sidang Praperadilan Jalan Terus

Selama 2017, memang nama Setya Novanto kerap muncul di media. Selain karena posisi Novanto sebagai ketua DPR, ketua umum Golkar itu juga menyandang status sebagai tersangka korupsi e-KTP yang membetot perhatian publik.

BACA JUGA: Novanto Tetap Membisu, Hakim Perintahkan JPU Baca Dakwaan

Nama tokoh yang beken dengan sebutan Setnov itu makin melejit ketika melakukan perlawanan atas status tersangka yang disandangnya. Bahkan, Novanto sempat mengalami kecelakan saat menjadi buronan KPK.

Namun, akhirnya kini menjadi pesakitan dan berada di tahanan KPK. Keyword 'Setya Novanto' pun menjadi top search di Google selama 2017.

Sedangkan Jokowi menghuni daftar top pencarian karena menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Keyword 'Jokowi Mantu' pun masuk top search Google.

Sedangkan Raja Salman yang menjalani liburan panjang di Indonesia pada Februari-Maret lalu sempat menjadi perhatian masyarakat. Raja ketujuh dalam wangsa al-Saud itu menarik perhatian karena membawa rombongan berjumlah ribuan orang untuk berlibur di Jakarta dan Bali.

Country Director Google Indonesia Tony Keusgen mengatakan, pengguna internet di Indonesia memiliki keunikan. Menurutnya, netizen tanah air menyukai hal-hal aneh.

"Apa pun yang aneh cepat banget booming. Termasuk soal tiang listrik itu sempat langsung booming," katanya saat ditemui JawaPos.com di acara Google Year In Search 2017 di The Warehouse Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (12/13).(fab/JPC)

Peringkat 10 Besar Google in Search 2017:

  1. Surat Cinta untuk Starla
  2. Pengabdi Setan
  3. Setya Novanto
  4. Pilkada DKI
  5. SEA Games
  6. Jokowi Mantu
  7. Ayam Geprek
  8. Raja Salman
  9. Sidang Ahok
  10. Om Telolet Om

BACA ARTIKEL LAINNYA... Praperadilan Diskors Demi Tonton Rekaman Sidang Novanto


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler