UPZ STF UIN Jakarta Optimalkan ZIS demi Kesejahteraan Mustahik

Senin, 06 Februari 2023 – 19:15 WIB
BAZNAS resmikan UPZ STF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mengoptimalkan ZIS. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pembentukan UPZ Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ditandai dengan pemberian Surat Keputusan Pembentukan UPZ Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagaimana diatur dalam Peraturan BAZNAS No 2 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

BACA JUGA: Balai Ternak BAZNAS Wujudkan Kemandirian Masyarakat Miskin Pedesaan

Ketua BAZNAS Prof Dr KH Noor Achmad MA mengatakan kehadiran UPZ STF itu makin menguatkan upaya mengoptimalkan ZIS demi kesejahteraan mustahik.

"Jika BAZNAS dan STF UIN Syarif Hidayatullah bersinergi, niscaya akan memberi dampak besar di tengah masyarakat," ujar Noor, dalam keterangannya, Senin (6/2).

BACA JUGA: BAZNAS Microfinance Desa Bantu Mustahik Mengembangkan Usaha

Noor meyakini pembentukan UPZ BAZNAS STF UIN Jakarta akan berdampak baik pada potensi pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

"Dengan ini Insyaallah akan membantu menguatkan zakat di Tanah Air dan dapat membantu peran BAZNAS dalam menyejahterakan umat," katanya.

BACA JUGA: Baeti Soroti Program Bantuan Melibatkan Dana dari Baznas

Selain itu, pembentukan UPZ STF UIN Jakarta ini juga bertujuan untuk mengembangkan literasi zakat dan memperkuat ekosistem zakat di dunia pendidikan.

"Ini upaya kami membantu mustahik di kampus maupun jaringan di kampus itu," ucapnya.

STF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah lembaga non-struktural sebagai lembaga sosial dan kemanusiaan yang bekerja atas dasar non-profit, transparan, dan akuntabel sejak 2012.

Empat pilar program yang menjadi fokus STF adalah; Charity (Amal), Advocacy (Advokasi), Research (Riset), dan Endowment (Wakaf).

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta, Prof Dr Hj Amany Burhanuddin Umar Lubis MA menyadari pentingnya membantu masyarakat yang membutuhkan.

"STF ini saya maksimalkan untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk pinjaman dana kuliah," katanya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler