Usut Kasus Korupsi, KPK Panggil Ratu Batu Bara Kaltim Tan Paulin

Kamis, 29 Agustus 2024 – 13:50 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Sentosa Laju Energy Tan Paulin alias Paulin Tan pada Kamis (29/8). FOTO: Ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Sentosa Laju Energy Tan Paulin alias Paulin Tan pada Kamis (29/8).

Perempuan yang dikenal sebagai Ratu Batu Bara Kaltim itu diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi dan pencucian uang eks Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

BACA JUGA: Sebaiknya Kaesang Pangarep Datang Sendiri ke KPK

"Pemeriksaan di kantor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur, atas nama TP alias PT, wiraswasta atau Direktur Utama PT Sentosa Laju Energy," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika dalam keterangannya.

Rita bersama Komisaris PT Media Bangun Bersama Khairudin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 16 Januari 2018.

BACA JUGA: KPK di Bawah Jokowi atau Independen? Mari Lihat Sikap Lembaga kepada Kaesang

Rita dan Khairudin diduga mencuci uang dari hasil tindak pidana gratifikasi dalam sejumlah proyek dan perizinan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebesar Rp436 miliar.

Mereka disinyalir membelanjakan penerimaan hasil gratifikasi tersebut untuk membeli kendaraan yang menggunakan nama orang lain, tanah, uang tunai, maupun dalam bentuk lainnya.

BACA JUGA: Kaesang bin Jokowi Pulanglah, Jelaskan ke KPK Apakah Privat Jet Itu Gratifikasi atau Bukan

Rita mendekam di Lapas Perempuan Pondok Bambu setelah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 6 Juli 2018.

Rita terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp110,7 miliar dan suap Rp6 miliar dari para pemohon izin dan rekanan proyek. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kaesang Sebaiknya Datang ke KPK Untuk Klarifikasi Dugaan Gratifikasi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler