Van Persie Masih Dipercaya

Minggu, 11 Juli 2010 – 04:49 WIB
DIPERCAYA - Robin van Persie saat beraksi di lapangan dalam laga lawan Uruguay, 6 Juli, di Cape Town. Foto: Mike Hewitt/Getty Images/FIFA.com.
ROBIN van Persie baru mencetak satu gol selama helatan Piala Dunia 2010 iniCatatan itu ironis, mengingat dia diplot sebagai targetman tunggal dalam skema 4-2-3-1 yang konsisten diperagakan Belanda sejak fase grup

BACA JUGA: Adu Taktik Dua Pelatih Tim Terbaik

Faktanya, striker Arsenal itu hanya bisa mencetak gol saat Belanda menghadapi Kamerun di laga pemungkas Grup E (25/6).

Penampilan yang kurang maksimal itu tidak lepas dari cedera ligamen lutut kanan yang didapat Van Persie dalam laga uji coba melawan Italia November silam
Dia harus absen lebih dari lima bulan, dan baru balik ke lapangan beberapa pekan sebelum kickoff Piala Dunia.

Pelatih Bert van Marwijk sejak awal sebenarnya mengetahui kondisi strikernya tersebut

BACA JUGA: Saling Serang, Jerman Tekuk Uruguay 3-2

Namun, dia memilih mempercayai kemampuan Van Persie, bahkan setelah dia puasa gol selama babak knockout
Pelatih 58 tahun itu menunjukkan kepercayaannya dengan tetap menerjunkannya sebagai starter dalam laga melawan Spanyol dini hari nanti.

"Memang, dia tidak mencetak gol di tiga laga terakhir

BACA JUGA: Start Ketiga, Andra Peluang Podium

Tapi penampilannya terus membaik dari laga ke lagaSaya percaya dia masih bisa mencetak gol di final," terang Van Marwijk, seperti dilansir Sky Sports"Dia akan menunjukkan performa terbaiknya saat melawan Spanyol," yakinnya.

Sebenarnya, dukungan dari lini tengah buat Van Persie tidak kurang-kurangDi sayap ada Dirk Kuyt dan Arjen Robben yang rajin mengalirkan crossingDi belakangnya, ada Wesley Sneijder yang passing-nya jarang melesetHanya saja, dia tidak bisa mengonversi banyaknya umpan tersebut menjadi gol.

"Saya pikir, kondisi yang dialami Robin (Van Persie) wajar-wajar saja," ungkap Kuyt"Di Piala Dunia ini, memang sangat sulit buat striker untuk mencetak banyak golTim-tim membangun pertahanan yang kokoh, dan tidak gampang ditembusTidak bisa mencetak gol bukan semata salah dia," lanjutnya.

"Satu hal yang perlu diapresiasi, Robin bekerja sangat keras untuk melaksanakan tugasnya (mencetak gol, Red)Publik berharap dia mencetak lima atau enam golTentu saja, tidak semudah itu, tapi dia selalu bermain untuk tim," tambah winger Liverpool tersebut.

Kondisi yang dialami pemain berjuluk RVP itu sebenarnya mirip dengan Fernando Torres di kubu SpanyolAwalnya, pelatih Vicente del Bosque juga memberinya tempat inti dengan harapan konfidensinya terangkatKenyataannya, pada laga terakhir Del Bosque berani memarkir Torres demi efektivitas permainan(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... CLS Sapu Grup Neraka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler