Seorang veteran perang asal Inggris yang sekarang tinggal di Newcastle (Australia) Doug Cunningham merayakan ulang tahun ke-100 yang dihadiri oleh 100 perempuan. Dia memang bertekad akan melakukan hal itu bila usianya mencapai satu abad.

Ulang tahunnya itu dirayakan Hari Sabtu (18/2/2017). Semasa Perang Dunia Kedua, Cunningham berjanji kepada rekan-rekannya bahwa dia akan merayakan ulang tahun ke-100 secara khusus.

BACA JUGA: ELL: Penggunaan Kata Start dan Begin

Ketika itu, Cunningham ditempatkan di India ketika berlagsung perang dunia kedua.

Di saat mereka bersiap untuk bertempur, Cunningham menyadari bahwa dia harus lebih mengetahui para anggota pasukannya.

BACA JUGA: Peringatan 75 Tahun Peristiwa Serangan Bom Jepang di Kota Darwin

"Saya membawahi pasukan, dan saya ingin mengetahui cara berpikir mereka, karena kalau kami dalam situasi sulit, saya tahu saya bisa menggantungkan diri pada mereka," tuturnya.

"Saya katakan ingin berbicara mengenai apa yang mereka akan lakukan setelah perang berakhir. Mereka mengatakan "Pak, perang baru saja dimulai."

BACA JUGA: Tiga Pria Selamat Seberangi Sungai yang Dihuni Buaya

"Saya jawab, 'ya, satu saat nanti pasti berakhir."

"Salah seorang di antara mereka mengatakan 'saya ingin menikah, dan memiliki 10 anak'. Yang lain ingin melanjutkan ke universitas. Mereka masing-masing memiliki keinginan berbeda."

"Salah satunya kemudian bertanya, maaf komandan, apa yang ingin anda lakukan setelah perang berakhir?"

"Saya jawab, 'Saya berharap akan mencapai usia 100 tahun dan akan merayakannya bersama 100 perempuan." Kasir supermarket

Cunningham berhasil selamat dari perang dan kemudian pindah ke Australia. Dia dan istrinya pernah bekerja di harian Sydney Morning Herald selama bertahun-tahun.

Setelah pensiun, mereka pindah ke Swansea di pinggir Danau Macquarie, dan meskipun istrinya sudah meninggal lama, Cunningham tampak masih sehat. Doug Cunningham merayakan ulang tahun ke-100 hari Sabtu dikelilingi 100 perempuan.

ABC News: Liz Farquhar

Dan berawal dari pembicaraan dengan seorang kasir supermarket, keinginan merayakan 100 tahun bersama 100 perempuan itu pun menjadi kenyataan.

"Salah seorang kasir itu satu hari bertanya 'berapa umur anda?" ujar Cunningham.

"Dan saya menjelaskannya. Dia bilang, 'sebentar lagi anda berusia 100 tahun'. Dan saya jawab, 'ya, mudah-mudahan ada 100 perempuan hadir di pestaku."

"Kemudian kasir itu berjanji mencari 100 perempuan tersebut dan dari situlah kejadiannya berawal."

Setelah berusia 100 tahun, Doug Cunningham mengatakan dia memilki falsafah sederhana untuk bisa hidup selama ini.

"Nikmati hidup, gunakan otak anda, dan jangan nonton televisi terlalu lama! Sering-sering keluar rumah dan bertemu orang. Itu saja, keluar dan bertemu orang lain, ngobrol dengan mereka." katanya.

Dan rahasia bisa berumur panjang? Doug mengatakan ini mungkin warisan. "Ibu saya hidup sampai 104 tahun dan nenek saya 99 tahun." katanya.

"Saya merasa bahwa ada sesuatu dalam gen yang mereka wariskan."

Doug Cunnigham akan resmi berusia 100 tahun hari Kamis 23 Februari. Doug Cunningham (tengah) selama perang dunia kedua.

Supplied

Diterjemahkan 15:35 AEST 20/2/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Langgar Kode Etik, Izin Praktek Dokter di Perth Dicabut 5 Tahun

Berita Terkait