Vietnam Kewalahan Melawan COVID-19, Pertama Kali Kasus Harian Sampai Sebanyak Ini

Kamis, 08 Juli 2021 – 21:00 WIB
Petugas di Vietnam berjaga-jaga di masa social distancing beberapa waktu lalu. Foto: VNA/VNS Photo Danh Lam

jpnn.com, HANOI - Pemerintah Kota Hanoi memberlakukan pembatasan pergerakan masyarakat pada Kamis (8/7) untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 setelah Ibu kota Vietnam itu mencatat kenaikan kasus, terutama di pusat bisnis bagian selatan.

Pemerintah kota menghentikan sementara transportasi publik dari dan ke 14 provinsi yang terdampak pandemi. Mereka juga meminta warga untuk tinggal di rumah dan hanya keluar jika ada keperluan mendesak.

BACA JUGA: Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, RSUD Cianjur Tutup Sementara Poliklinik

"Jumlah orang yang bepergian ke ibu kota sangat tinggi, dengan potensi ancaman penyebaran virus ke masyarakat," kata pemerintah.

Sejak April lalu, Vietnam berusaha menahan wabah yang menimpa pabrik-pabrik di sejumlah provinsi bagian utara tapi menyebar lebih cepat di selatan, termasuk di Ho Chi Minh City yang berjarak 1.100 kilometer lebih dari Hanoi.

BACA JUGA: Setuju Asrama Haji Jadi RSD Pasien COVID-19, Cuma ada Syaratnya

Kasus baru COVID-19 di negara itu untuk pertama kalinya melewati angka 1.000 pada Senin dan mencetak rekor 1.314 kasus pada Kamis.

Kekhawatiran terhadap penyebaran virus meningkat di Vietnam yang selama ini dianggap sukses menangani pandemi itu.

BACA JUGA: Arsjad Rasjid Sebut KADIN Ikut Bertempur Lawan Pandemi Covid-19

Ho Chi Minh City mengumumkan pembatasan ketat dalam pergerakan dan pertemuan sosial masyarakat selama 15 hari mulai Jumat dan menghentikan sementara puluhan penerbangan harian.

Langkah serupa juga diterapkan oleh provinsi industri Dong Nai.

"Situasi di Ho Chi Minh City masih rumit dengan infeksi yang diperkirakan bakal meningkat, memberi tekanan pada sistem kesehatan setempat," kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long pada Kamis.

Kementerian kesehatan akan mengirim 10.000 tenaga medis ke kota berpenduduk sembilan juta jiwa itu untuk membantu penanganan COVID-19 di sana.

Vietnam telah mencatat total 24.385 kasus dan 104 kematian akibat COVID-19. Namun, tingkat vaksinasinya terbilang rendah dan pemerintah tengah berupaya mempercepat pengadaan vaksin. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler