Wahai Iwan Bule dan Kawan-kawan, Kalau Anda Bermoral Seharusnya Mundur, Itu Saran TGIPF

Jumat, 14 Oktober 2022 – 18:02 WIB
Unggahan Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyarankan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan anggota Komisi Eksekutif PSSI untuk mungundurkan diri dari jabatan masing-masing menyusul Tragedi Kanjuruhan.

Saran itu seperti tertuang dalam kesimpulan dan rekomendasi seusai TGIPF menyelesaikan investigasi terhadap Tragedi Kanjuruhan.

BACA JUGA: Iwan Bule Out Trending di Twitter, Petisi Ketum PSSI dan Direktur PT LIB Harus Mundur Banjir Dukungan

Ketua TGIPF Mahfud MD menyebut pemerintah secara normatif memang tidak bisa mengintervensi PSSI setelah Tragedi Kanjuruhan.

Namun, kata dia, Indonesia adalah negara bermorel dan beretika serta menjunjung budaya adiluhung.

BACA JUGA: Pernyataan TGIPF Bikin PSSI Sibuk, Langsung Gelar Rapat Exco

Tentunya, morel dan etika bisa ditunjukkan para pejabat PSSI menyikapi Tragedi Kanjuruhan yang memakan banyak korban.

Adapun, TGIPF melaporkan total korban dari Tragedi Kanjuruhan 712 orang. Sebanyak 132 di antaranya meninggal dunia pada saat laporan rampung.

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan, TGIPF: Pengurus PSSI Harus Bertanggung Jawab

"Sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban morel," kata Mahfud dikutip dari hasil rekomendasi dan kesimpulan TGIPF, Jumat (14/10).

Mahfud mengatakan TGIPF dalam rekomendasinya menyarankan PSSI bisa menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) mencari pemimpin baru.

"PSSI diminta untuk melakukan percepatan Kongres atau menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menghasilkan kepemimpinan dan kepengurusan PSSI yang berintegritas, profesional, bertanggungjawab, dan bebas dari konflik kepentingan," kata eks Ketua MK itu.

TGIPF dalam rekomendasinya menyarankan PSSI merevisi statuta dan peraturan organisasi serta menjalankan prinsip keterbukaan.

"Menjalankan prinsip keterbukaan informasi publik terhadap berbagai sumber dan penggunaan finansial, serta berbagai lembaga kegiatan usaha di bawah PSSI," kata Mahfud.

Selain itu, TGIPF dalam rekomendasinya mendorong PSSI mewujudkan persepakbolaan nasional yang beradap dengan memegang prinsip menyelematkan kepentingan publik.

"Dasar dari ketaatan pada aturan resmi dan dalil keselamatan publik ini adalah aturan moral dan nilai-nilai etik yang sudah menjadi budaya dalam kehidupan yang berbudaya," ujar Mahfud. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... TGIPF Minta Tanggung Jawab Hukum dan Moral


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Iwan Bule   PSSI   TGIPF   Arema   Persebaya   KLB   Mahfud MD  

Terpopuler