Wapres Canangkan Program Konservasi

Jumat, 22 Januari 2010 – 20:20 WIB

JAKARTA - Wakil Presiden Boediono mencanangkan tiga program konservasi alam, yang merupakan program di bawah tanggung jawab Departemen Kehutanan (Dephut)Tiga program itu ialah Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Kemasyarakatan, dan Hutan Desa

BACA JUGA: Inisiatif Pertemuan Singapura dari Antasari Azhar

Serimonial acara antara lain berupa penyerahan surat keputusan (SK) kepada sejumlah kepala daerah yang daerahnya ditetapkan sebagai areal hutan konservasi.

Tahap awal ada 10 kabupaten di tanah air yang ditetapkan sebagai daerah percontohan, antara lain Lampung, Jeneponto, Sulawesi Tenggara, Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan Ogan Komering Ilir (Sumsel).

Wapres Boediono meminta pemerintah daerah dan masyarakat terus berupaya meningkatkan pelestarian atau perlindungan (konservasi) alam di daerah masing-masing
“Kita harap dengan dicanangkan program ini bisa meningkatkan kualitas dan produksi hutan

BACA JUGA: Mustofa Abubakar Ancam Orang Dalam Bank BUMN

Pohon yang akan ditanam merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi,” kata Boediono, Jumat (22/1).

 Dalam PP No 6/2007 dijelaskan bahwa HTR ialah hutan tanaman pada hutan produksi yang dibangun oleh kelompok masyarakat
Tujuannya untuk meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi, dengan menerapkan silvikultur agar terjamin kelestarian sumber daya hutan.

"Total konservasi hutan kita sekitar 15 persen dari daratan

BACA JUGA: Bawaslu Keberatan jika SEB Dicabut

Tugas ini tidak ringan, makanya harus bersama-sama antara pemerintah dan rakyatSekarang sudah tersebar di 10 kabupaten, seperti Jeneponto, Musi Banyuasin, dan Lampung,” tambah Menhut, Zulkifli Hasan.

Selain meluncurkan tiga program pemberdayaan hutan, Wapres Boediono juga melepas tiga Harimau Sumatera, dua jantan dan seekor betinaKetiga macan itu juga diberi nama layaknya manusiaBoediono memberi nama Wira, Menko Polhukam Djoko Suyanto memberi nama Buyung, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memberi nama BellaKetiga Harimau itu dilepas dari Taman Safari Bogor ke Taman Safari Tamling, LampungDidaulat sebagai Duta Harimau ialah Putri Indonesia 2009, Qori Sandioriva(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pjs Kada Boleh Mengundurkan Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler