Warga Bekasi Pilih Ikut Tes CPNS DKI

Minggu, 07 November 2010 – 06:39 WIB

BEKASI- Pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bekasi ternyata tidak terlalu disambut antusias oleh para pencari kerjaSedikitnya daya tampung  membuat mereka  memilih mengikuti CPNS DKI Jakarta.

Badan Kepegawaian Daerah Kota Bekasi telah memutuskan akan membuka CPNS  pada pertengahan November ini

BACA JUGA: DKI Bentuk Satgas Kemacetan

Namun, jumlah daya tampung yang diberikan tidak banyak yaitu 203 orang
Angka tersebut sangatlah tidak cukup untuk menampung jumlah pengangguran Kota Bekasi

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bekasi, jumlah pengangguran hingga tahun 2009 mencapai 147.140 orang

BACA JUGA: Tragis, Sekeluarga Tewas Terpanggang Api

Sementara berdasarkan jumlah pembuat kartu kuning data pencari kerja di kota Bekasi pada bulan Oktober 2010 saja, mencapai 6438 orang.

“Kalau kami melihat data pengangguran, berdasarkan pembuat kartu kuning
Pada Oktober saja jumlahnya 6438 orang

BACA JUGA: Dampak Abu Merapi, 41 Penerbangan Batal

Seharusnya, perusahaan yang telah menerima  mereka bekerja, kartu kuningnya dikembalikan sehingga kami tahu jumlah yang sudah bekerja saat iniSaya punya data dari BPS yang baru dikasih minggu kemarin, jumlah pengangguran tahun 2009 yaitu 147.140 orang,” terang Kasi Pengembangan dan Perluasan kesempatan kerja Tri Kartika

Kurangnya penyerapan tenaga kerja dengan jumlah daya tampung tersebut, membuat pencaker Kota Bekasi lebih memilih melamar menjadi CPNS DKI dibandingkan dengan BekasiBerdasarkan informasi dari www.rekrutmen.jakarta.go.id,  CPNS DKI tahun 2010, menampung sebanyak 1810 orang dan telah dibuka lebih dulu yaitu pada 2 November melalui jaringan online.

“Saya sih ikut yang di DKI, soalnya peluangnya lebih banyak dari pada BekasiApalagi yang di Jakarta lebih cepat pedaftarannya dan sudah pasti adaKarena pendaftaran sudah dibukaKalau di Bekasi belum jelas,” ungkap Luna, warga Bekasi yang sedang mengurus Kartu Kuning, kemarin.

Sementara salah satu perempuan yang sedang mengurus Surat Kesehatan sebagai persyaratan CPNS, mengaku enggan mengikuti CPNS BekasiMenurutnya, pengrekrutan di Kota Bekasi tidak murni, karena menawarkan uang jaminan jika ingin masuk CPNS.

“Males mbak ikutan yang di Bekasi, temen saya aja tahun lalu sempat lulusTerus diminta uang, katanya berani bayar berapa, makanya saya gak mauLebih baik yang murni saja,” jelas Ria(cr37)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua PNS Bekasi Dituntut 3 Tahun Penjara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler