Warga Brebes Bersyukur Akses Jalan Sudah Mulus Berkat Pak Ganjar

Kamis, 03 November 2022 – 14:49 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyapa warga. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, BREBES - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memberikan bantuan untuk memperbaik jalan ruas Pabatan-Rengaspandawa di Desa Glonggong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Jalan itu sebelumnya rusak dan berlubang akibat tonase kendaraan berat.

BACA JUGA: Ganjar Tolak RKPD, Ada Anggaran Dewan yang Minta Tambahan Rp 92 Miliar Untuk Kunker

Seorang warga Desa Glonggong bernama Jahid menjelaskan jalan tersebut merupakan akses yang sering dilalui kendaraan berat pengangkut bawang yang membuat kondisinya berlubang.

"Kondisi jalan ini dulunya memang rusak parah, tapi alhamdulillah sekarang sudah diperbaiki dari ujung sana di perbatasan Kecamatan Wanasari," ungkap Jahid, Kamis (3/11).

BACA JUGA: LPEI Kembali Berkolaborasi dengan Pemprov Jatim Hadirkan 6 Desa Devisa Baru

Jahid menilai, jalanan tersebut rentan menjadi rusak lantaran awal perbaikannya hanya menggunakan aspal saja.

Namun, kini setelah mendapatkan bantuan, jalan tersebut tak hanya diaspal saja, tetapi juga dicor.

BACA JUGA: Percepatan Penurunan Stunting, Ganjar Kenalkan Program Dapur Sehat

"Sekarang bersyukur diaspal juga dicor juga, jadi mudah-mudahan bisa awet," ucap Ganjar.

Pria 54 tahun ini mengatakan, bantuan yang digelontorkan senilai Rp 12 miliar dengan nilai kontrak Rp 11,4 miliar dan disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Brebes menggunakan APBD Pemprov Jawa Tengah 2022.

Ganjar menjelaskan, beton yang digunakan untuk mengecor jalan setebal 20 cm dan aspal yang digunakan untuk melapisi beton setebal 1,5 cm agar jalannya semakin mulus.

"Dasarnya pakai beton 20 cm, atasnya dilapisi lagi dengan aspal setebal 1,5 cm agar lebih mulus. Maka kalau kita lihat pelaksanaannya, InsyaAllah baik," jelas Ganjar.

Ganjar juga menegaskan, agar proyek pengerjaan bantuan seperti jalan tersebut tidak boleh dikorupsi oleh pihak manapun, agar pelaksanaannya bisa dikelola dengan baik dan benar.

"Pesan saya dari dulu sama ya, jangan dikurang-kurangi, jangan dikorupsi intinya itu. Kalau itu baik, InsyaAllah baik. Kalau awet kan kita senang. Kalau semua di-manage dengan baik dan kualitasnya bagus kita senang," seru Ganjar.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler