Warga Jabar, Simak Imbauan Polda ini Demi Mengantisipasi Terorisme

Jumat, 19 November 2021 – 21:19 WIB
Ilustrasi - Densus 88 menangkap terduga pelaku terorisme. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SUKABUMI - Kepolisian mengimbau warga Jawa Barat mengaktifkan kembali aturan tamu wajib lapor 1x24 jam.

Menurut Kabag Bin Opsnal Binmas Polda Jabar AKBP Sunarya, peraturan tersebut penting untuk mengantisipasi pergerakan jaringan terorisme dalam menyebarkan paham radikal.

BACA JUGA: Densus 88 Jerat Ahmad Zain An-Najah Cs dengan Pasal Pendanaan Terorisme 

"Berbagai cara jaringan teroris untuk menyebarkan paham sesatnya kepada masyarakat, salah satunya menyusup ke permukiman warga dengan berpura-pura menjadi tamu."

"Untuk itu warga atau pengurus RT dan RW harus mengaktifkan kembali peraturan tamu wajib lapor 1x24 jam serta mendata para pendatang yang masuk ke daerahnya masing-masing," ujar AKBP Sunarya.

BACA JUGA: MUI dan Terorisme

Dia menyatakan hal tersebut di sela Rapat Koordinasi dengan Tokoh, Pemkab Sukabumi di Aula Rupatama Wicaksana Laghawa Polres Sukabumi, Jumat (19/11).

Menurut Sunarya, memperketat identitas bagi pendatang baru, seperti wajib lapor 1x24 jam bisa meminimalisir masuknya jaringan teroris.

BACA JUGA: Heboh! Kakek Perkosa 2 Cucunya Bersama Paman, Kakak Kandung dan Tetangga Korban

Masyarakat harus peduli adanya pendatang baru tanpa terkecuali, baik yang menginap maupun yang tinggal di penginapan atau hotel.

Dia juga menyebut tamu hotel wajib menunjukkan KTP asli.

Pengelola atau penerima tamu berhask tak mengizinkan tamu untuk menginap, jika tak bersedia menunjukkan KTP asli.

Sama halnya dengan pemilik kontrakan maupun pemilik tempat indekos agar tidak sembarangan menerima tamu.

"Kami telah memasang spanduk, baliho, poster dan lainnya yang berisi imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan mewaspadai daerahnya masing-masing agar tidak disusupi jaringan teroris yang ingin merekrut anggota dengan menyebarkan paham sesat," katanya.

Sunarya mengatakan pihaknya terus menjalin komunikasi dan koordinasi ke seluruh polres dan polsek di Jawa Barat untuk membangun forum silaturahmi kamtibmas dan menyosialisasikan pentingnya siskamling kepada masyarakat agar suasana tetap kondusif.

Selain itu, orang tua yang mempunyai anak remaja atau beranjak dewasa, diingatkan agar selalu memantau aktivitasnya di luar rumah.

Baik rekan bergaul maupun tempat main.

Sebab, jaringan terorisme mengincar warga yang usianya masih mencari jati diri atau labil untuk didoktrin dengan ajaran menyimpang yang tidak sesuai ajaran agama maupun ideologi NKRI.(Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler