Warga Jember Mulai Buru Pohon Cemara

Selasa, 15 Desember 2009 – 23:00 WIB
JEMBER - Mendekati perayaan Natal 25 Desember mendatang, umat Kristiani mulai berburu pohon cemara di beberapa toko yang menjual pernik-pernik Natal di JemberUkuran pohon natal yang dijual juga bervariasi, mulai ukuran 3 feet hingga 10 feet.

"Kalau tidak mencari jauh-jauh hari, ukuran setinggi 9 hingga 15 feet pasti sudah terjual habis," ujar Manda, wanita yang tinggal di perumahan elite Nusantara, Kaliwates

BACA JUGA: Mitan Mulai Langka di Lamongan

Dia mengaku, sudah jadi kebiasaan dirinya berburu pohon Natal jauh-jauh hari.

"Saya lebih suka membeli pohonnya saja tanpa dihias
Karena setiap tahun, punya warna sendiri

BACA JUGA: Pasca Gempa, Sanitasi dan Air Buruk

Jadi, saya membeli pohonnya saja
Sedangkan hiasannya dibeli terpisah," ujarnya.

Senada diungkapkan Endang yang datang bersama kedua cucu kembarnya untuk mencari hiasan untuk pohon natal yang sudah tersedia di rumahnya

BACA JUGA: Eksekusi Asad Tertunda Lagi

"Saya memang sudah menyiapkan pohon natal berukuran sedang di rumahJadi tinggal membeli pernik-perniknya saja," katanya.

Dikatakan, hiasan yang selalu dibelinya adalah hiasan yang berbentuk bola-bolaTermasuk berbentuk gelang dari rotan dengan berbagai macam diameter berhias boneka Sinterklas ataupun kertas warna-warni berkilauan.

Menurut Jana, salah seorang penjaga toko pernik-pernik Natal di sekitar Jalan Trunojoyo, pohon Natal setinggi 9-15 feet jenis kipas yang paling digemariSelain ukurannya yang sangat besar dan tinggi, hiasan yang bisa dipasang juga bervariasi.

"Dari awal bulan lalu, peminat pohon natal berukuran besar itu sudah berdatanganSekarang, kami sudah kehabisan yang berukuran 10-15 feet dengan harga Rp 3-4 juta," ujarnya.

Saat ini, kata Jana, persediaan pohon natal yang disimpan di bagian belakang toko hanya tinggal ukuran 3 feetJenis itu, kata dia, dijual seharga Rp 110 ribuSedangkan untuk ukuran 9 feet harganya bisa mencapai Rp 2,9 juta per item"Untuk hari-hari ini, semakin banyak yang mencari pohon natal dan berbagai hiasan untuk pohon natalTermasuk membeli hadiah-hadiah kecil berupa boneka, mainan, ataupun berbagai pernik yang terbuat dari kayu," ujarnya.

Jana menambahkan, untuk Natal kali ini, tema warnanya biru dan silverSedangkan Natal tahun lalu masih didominasi warna merah dan hijau"Tahun ini, Natal lebih menggunakan warna yang variatifNatal setiap tahunnya memiliki warnanya sendiriNamun tetap ada Sinterklas sebagai lambang NatalHiasan berbentuk Sinterklas masih banyak diminati," jelasnya.

Sementara itu, sekitar kawasan Kebonsari juga tampak beberapa toko menyediakan pernik-pernik Natal serta berbagai hadiah lucu"Kami memang menjual berbagai pernik dan gift untuk berbagai acara seperti ulang tahun ataupun ValentineKebetulan, saat ini mendekati natal, jadi kami menyediakan pernik-pernik Natal," ujar Irma, salah seorang penjaga toko.

Dikatakan, pembeli yang datang belakangan ini lebih tertarik dengan warna biru dan silver untuk hiasanHiasan berbentuk bola-bola berwarna silver dan biru seharga Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per set.

"Kami memang tidak menjual pohon natal dengan variasi ukuranKami hanya menjual pohon natal berukuran kecil dan sudah dihias sajaHarganya berkisar Rp 110 ribu hingga Rp 150 ribu tergantung hiasan yang dipakai," ujarnya(mg/aj)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Mahasiswa Dipukuli Polisi


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler