Waspada Serangan Balik, Berharap Faktor Suporter

Demi Meredam Filipina di Semifinal Piala AFF 2010

Senin, 13 Desember 2010 – 04:44 WIB
WASPADA - Kiper timnas Markus Haris Maulana saat latihan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Dua laga semifinal Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) 2010 antara Indonesia dan Filipina dipastikan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, JakartaItu jelas menguntungkan Indonesia

BACA JUGA: Capello Datang, Benitez Tegang

Dipastikan, puluhan ribu suporter setia bakal memberikan dukungan langsung kepada Firman Utina dkk.

Pelatih Indonesia Alfred Riedl pun mengatakan tidak akan menyia-nyiakan keuntungan ini
Pelatih asal Austria itu menegaskan timnya akan menyapu bersih dua laga kontra Filipina pada pertemuan yang dilaksanakan 16 Desember dan 19 Desember tersebut.

"Mestinya, kami menjalani satu laga away di semifinal

BACA JUGA: Pihak Ketiga Siap Masuk ke Deltras

Tapi kami ternyata bermain home dua kali dan kami akan berusaha memenangkan keduanya
Kami akan tampil menyerang," kata Riedl usai memimpin latihan kemarin pagi (12/12).

Empat hari menjelang duel melawan Filipina, Riedl terus mematangkan strateginya

BACA JUGA: Tottenham v Chelsea: Beda Trend

Bahkan, mantan pelatih timnas Palestina itu menegaskan jika pasukannya siap bertempur di babak empat besar.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal menyatakan jika Filipina adalah tim bagusItu karena tim berjuluk Tri-Stars itu diperkuat sembilan pemain naturalisasi.

"Mereka sudah memberi bukti dengan menahan imbang juara Piala AFF tiga kali Singapura dan mengalahkan juara bertahan Vietnam 0-2 di hadapan puluhan ribu pendukungnya," kata Wolfgang.

"Secara fisik Filipina kuat dan postur mereka tinggi-tinggiFilipina juga memiliki serangan balik mematikanDua gol ke gawang Vietnam adalah hasil serangan balik," lanjut Pikal.

Asisten pelatih berkebangsaan Austria itu mengungkapkan karena Filipina memiliki banyak pemain jangkung, maka Indonesia harus mewaspadai bola-bola mati lawan"Karena main di Jakarta saya yakin Filipina akan mengulang strategi seperti saat mereka mengalahkan VietnamItu sangat berbahaya," tegasnya.

Sebenarnya, para pemain sudah tidak sabar ingin berlaga di babak semifinalKepastian dua laga dilangsungkan di Jakarta membuat pemain semakin  termotivasiWinger lincah Oktavianus Maniani mengaku sudah sangat siap mempersembahkan yang terbaik untuk Merah Putih.

"Kami akan melakukan yang terbaik dalam laga berikutnya," cetus Okto, sapaan karibnya.

Pemain belakang M Nasuha juga siap mengemban tugas untuk mematikan motor serangan Filipina, James Joseph YounghusbandPemain Persija Jakarta itu mengaku jika dirinya belum mengetahui penampilan JamesTapi Nasuha akan mencoba mempelajari permainan keturunan Inggris-Filipina itu saat bertemu di leg pertama semifinal.

"Dalam pertandingan pertama nanti saya akan mencoba mempelajarinya di 15 menit awal," ucap Nasuha.

Berposisi sebagai bek kiri, dalam duel melawan Filipina nanti, Nasuha akan bertemu dengan James yang berposisi sebagai sayap kananJames menjadi salah satu motor serangan Filipina karena kecepatan dan umpan silang yang matang.

James punya andil besar saat Filipina menahan imbang Singapura 1-1 di penyisihan Grup BLewat umpan silangnya dari sisi kiri, Filipina akhirnya berhasil menyakan kedudukan lewat gol Christopher GreatwichJames adalah kakak kandung dari gelandang serang Filipina, James Phil YounghusbandPhil juga merupakan motor serangan tim berjuluk Azkals dan telah mengoleksi satu gol pada Piala AFF 2010.

Sementara itu, seperti dilansir dzMM, menghadapi Indonesia di semifinal, skuad Filipina menyatakan bakal mengulang strategi seperti saat menjinakkan Vietnam.

"Saya pikir kami akan bertahan dengan apa yang kami telah perbuat," terang James Younghusband"Cara kami bermain seperti itu sudah membuahkan hasilKadang cara ini membuat frustasi dan itu menghasilkan," timpal Phil Younghusband(ali)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Juventus v Lazio: Berebut Posisi Kedua


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler