WN Polandia Dibekuk Lantaran Terlibat Aktivitas KKB di Papua

Rabu, 12 September 2018 – 19:20 WIB
Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Elfany/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Aparat kepolisian menangkap seorang warga negara Polandia Jakob Fabian Skrzpski alias JFS.

Dia diduga terlibat dalam aksi makar karena berperan mendokumentasian aktivitas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

BACA JUGA: KKB Papua Berulah di Hari Kemerdekaan

Menurut Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, JFS mendokumentasikannya untuk diunggah ke media sosial.

"Perannya meliput seluruh kegiatan KKB (kelompok kriminal bersenjata) maupun masyarakat yang ada di Timika dan sekitarnya," kata Dedi di Mabes Polri, Rabu (12/9).

BACA JUGA: KKB Lebih Baik Gabung Perbakin, Ikut PON Wakili Papua

Lanjut Dedi mengatakan, unggahan ke media sosial dilakukan JFS dengan tujuan agar dunia internasional mengetahui aktivitas KKB.

Dalam unggahannya, JFS mengangkat tema-tema pelanggaran HAM, seperti saat ada tindakan aparat baik TNI dan Polri yang represif terhadap kelompok bersenjata.

BACA JUGA: Ketika Kapolda Papua dan Pangdam Kecewa, Begini Kalimatnya

"Sejauh ini dia (JFS) didukung juga oleh kelompok bersenjata di Papua. Dia diberikan akses untuk mengikuti meliput, gerakannya KKB," sambung dia.

Selain itu, JFS juga diduga menawarkan jasa dokumentasinya pada media-media massa internasional melalui akun media sosial itu. Namun, media massa apa saja yang ditawarkan oleh JSF masih didalami.

Polri, kata Dedi, masih mendalami informasi bahwa JFS berperan membantu logistik KKB, misalnya menyalurkan senjata. Namun, informasi ini masih perlu pendalaman lebih lanjut.

JFS juga ditangkap bersama tiga tersangka lainnya. Kepolisian menduga, hubungan antara JFS dan KKB telah berlangsung secara signifikan dan intensif, bukan hanya sepekan atau dua pekan.

Pasalnya, JFS berulang kali telah masuk ke Papua untuk beraktivitas bersama KKB sejak Juli, dan masuk secara resmi dengan visa turis.

"Beberapa kali dia masuk wilayah Papua itu dengan visa turis. Ternyata ada yang menampung ada yang menjemput, kelompok KKB itu sudah menyediakan LO (liaison officer)-nya setiap dia berkunjung ke Papua," tandas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 804 Warga Dievakuasi, 4 Meninggal saat Diisolasi KKB


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler