WNA asal Jepang Masuk DPT Pemilu 2019

Rabu, 13 Maret 2019 – 10:38 WIB
Warga menggunakan hak pilihnya. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang ditemukan namanya masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Kalteng. KPU Kalteng langsung melakukan pencoretan.

“Ada satu WNA asal Jepang yang memiliki KTP Elektronik dan masuk dalam daftar pemilih tetap di Kalimantan Tengah,” ujar Komisioner KPU Kalteng Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Wawan Wiraatmaja, Minggu (10/3).

BACA JUGA: Berita Terbaru Seputar WNA yang Masuk DPT

Masuknya WNA asal Jepang ini, kata dia, dikarenakan adanya kekeliruan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), ketika dimintai data terkait WNI di Kota Palangka Raya yang sudah melakukan perekaman KTP-El beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Hasil Survei Elektabilitas Caleg, Politikus Gerindra Teratas

BACA JUGA: Eks Ketua KPU: Ini Masalah Serius, Bisa Dipidana

“Kenapa bisa masuk? Karena waktu kami meminta data warga yang sudah merekam KTP-El, ternyata WNA tersebut ada. Mungkin luput dari pemilahan mereka (Disdukcapil),” ujarnya.

Untuk wilayah Kota Palangka Raya, ada 3 WNA yang mengantongi KTP-El, namun hanya satu yang sempat masuk DPT. Sedangkan duanya tidak. Untuk wilayah Kotawaringin Timur, terdapat tiga orang WNA namun tidak sampai masuk dalam DPT.

BACA JUGA: Bawaslu Harus Telusuri Kabar Broker Suara Mulai Bergerak

Masuknya WNA dalam DPT membuat ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Palangka Raya Endrawati terkejut dan sama sekali tidak mengetahuinya.

“Adakah? Saya sendiri tidak tahu ini. Baru tahu sekarang,” ujar Endra.

BACA JUGA: Fadli Zon Seharusnya Malu pada Grace Natalie

Anggota KPU Kalteng Eko Budi Sulistiobudi mengatakan akan terus bekerja keras bersama dengan sejumlah pihak agar jangan ada lagi WNA yang menyelinap masuk dalam DPT.

“Tentu kami terus bekerja keras dan cerdas bersama sejumlah pihak agar tidak ada lagi WNA yang menyelinap masuk dalam daftar pemilih tetap,” tutupnya. (old/abe)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bahaya, KPU Merasa Terus Didelegitimasi dengan Hoaks Pemilu


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler