Wonderful Indonesia Bakal Ramaikan Bandara AP II

Minggu, 13 November 2016 – 23:29 WIB
Ilustrasi. Foto: dok.JPG

jpnn.com - JAKARTA--Angkasa Pura II berkomitmen membantu Kementerian Pariwisata untuk mencapai target kunjungan 20 juta turis asing ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Salah satunya dengan meningkatkan rute penerbangan internasional, serta mempromosikan destinasi-destinasi wisata lokal di setiap bandara yang dikelola perusahaan.

BACA JUGA: Kejar Target Wisman 2017, Kemenpar Sapa Divers di DEMA Las Vegas

Salah satu langkah perseroan dalam mengembangkan pariwisata ini adalah melalui penandatanganan MoU atau nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata.

Bersama Kemenpar, AP II akan bersinergi memperkenalkan pariwisata nasional ke dunia internasional serta meningkatkan jumlah wisman ke Indonesia.

BACA JUGA: Rumah di Bawah Rp 400 Juta Mulai Sepi Peminat

"AP II akan berperan aktif dalam meningkatkan frekuensi kunjungan wisman ke Indonesia. Khususnya melalui bandara yang dikelola perusahaan, antara lain dengan menyediakan program insentif bagi maskapai yang membuka rute baru penerbangan internasional," ujar Chief of Air Traffic & Tourism Development PT Angkasa Pura II (Persero) Rosita Kurniawati.

AP II juga akan mencantumkan logo Wonderful Indonesia serta menampilkan video dan foto milik Kemenpar di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

BACA JUGA: Deklarasi Harta Tembus Rp 2,3 Triliun

Di samping itu, AP II juga akan ikut berpartisipasi dalam setiap event internasional dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Fasilitas dan pelayanan di bandara juga akan terus ditingkatkan agar turis makin nyaman.

Misalnya saja di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh, yang menjadi finalis di World Halal Tourism Awards 2016.

Penyesuaian di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau pun akan dilakukan, dengan memperpanjang jam operasional dari pukul 19.00 WIB menjadi pukul 24.00 WIB seiring dengan rencana Sriwijaya Air dan Citilink membuka penerbangan dari Tiongkok.

Di sisi lain, sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan di bandara-bandara, AP II berkomitmen menampilkan kearifan lokal dipadu dengan teknologi informasi terkini sebagai bagian peningkatan kepada penumpang pesawat.

"Saat ini AP II sedang melakukan transformasi bisnis salah satunya dengan menggenjot pembangunan infrastruktur fisik dan lunak," tutur Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin.

Soft infrastructure adalah teknologi informasi dalam rangka menunjang smart airport di bandara.

Quick Win untuk airport go digital sudah ditetapkan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Terdapat sembilan program utama dalam mewujudkan smart airport di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Kesembilan program itu adalah penyediaan aplikasi mobile, kios self service check in dan self service baggage drop, peningkatan bandwidth WiFi menjadi 50 Mbps per access point, dan smart toilet.

Selain itu penyediaan smart parking building, pembuatan fleet management system untuk shuttle dan public bus bandara, digitalisasi proses antrian taksi, pembangunan airport operation control center (AOCC), serta integrasi automatic baggage handling system (Automatic BHS).

Untuk jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II, pada periode Januari-Oktober 2016 tercatat adanya peningkatan 77,66 juta penumpang atau meningkat 12,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 68,96 juta penumpang.

Hingga akhir tahun ini atau sepanjang Januari-Desember 2016 diperkirakan jumlah penumpang bisa mencapai 93,23 juta atau naik 11% dibandingkan dengan Januari-Desember 2015 sebanyak 84,29 juta penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang di antaranya didukung oleh kondisi perekonomian Indonesia yang cukup baik.

Sehingga permintaan perjalanan dengan pesawat meningkat, di mana hal ini juga bisa dilihat dari dibukanya rute-rute baru baik itu internasional maupun domestik.

"Pada tahun ini juga beberapa maskapai juga mengganti pesawat berbadan sedang atau narrow body menjadi berbadan lebar atau wide body sehingga kapasitas meningkat," pungkas Awaluddin. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wihhh, Alat ini Bisa Hemat Pengunaan BBM Rp 1 miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler