WOW, Jembatan dari Logam MECCANO Ciptaan Mahasiswa Ini Masuk Rekor Dunia

Selasa, 22 September 2015 – 15:30 WIB
Profesor Trevor Whittaker dari Universitas Queen Belfast didapuk yang pertama berjalan melintasi jembatan itu saat peresmian. Foto: Independent.uk

jpnn.com - IRLANDIA - Sekelompok mahasiswa jurusan teknik di Belfast, berhasil membangun sebuah jembatan sepanjang 30 meter dari logam MECCANO, sekaligus mencatat rekor baru dunia, baru-baru ini.

Menurut laman Mirror, sebanyak 11.000 keping logam ringan MECCANO digunakan untuk membangun jembatan melintasi Sungai Lagan di utara Irlandia itu.

BACA JUGA: Misteri Bocah 8 Tahun yang Sudah Meramalkan Tsunami Chile

Seorang pejabat Guinness World Records, baru-baru ini menegaskan proyek itu sebagai jembatan terpanjang dibangun dari MECCANO.

Sebagai penghormatan, Profesor Trevor Whittaker dari Universitas Queen Belfast didapuk yang pertama berjalan melintasi jembatan itu saat peresmian, dengan memakai sabuk pengaman dan disaksikan ratusan orang.

BACA JUGA: Kisah Mahasiswa Indonesia yang Didakwa Memperkosa Para Cowok Australia

Para mahasiswa selebrasi rekor dunia. Foto: theenggineer.co.uk

BACA JUGA: Korban Diiming-imingi Begituan dengan Dua Wanita Cantik

"Pada dasarnya, kami ingin melatih anak-anak muda berpikir, menjadi seorang yang ambisius, melangkah jauh dan menempa kesuksesan," katanya.

Jembatan yang melintasi bangunan Clarendon Dock itu dibangun sekelompok mahasiswa teknik sipil tahun tiga dan anak-anak sekolah.

Ia menggunakan sekitar 70.000 skrew dan nut. Proyek itu terinspirasi oleh Dr. Danny McPolin dari sekolah perencanaan, arsitektur dan teknik sipil. Jembatan itu dibuka baru-baru dengan Profesor Whittaker memakai harness yang digantung dengan crane melangkah penuh percaya diri di atas struktur itu.

Whittaker mengatakan,  "Memang mudah untuk membangun struktur yang kuat menggunakan dengan banyak logam. MECCANO juga adalah sejenis logam, logam yang ringan, ia seperti barang mainan.

"Banyak insinyur menjadi besar dan menyukai ilmu rekayasa, dengan bermain barang mainan seperti MECCANO," jelasnya. (ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisah Setangkai Bunga dari Anak Pengungsi buat Polisi Anti Huru-Hara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler