Yenny Bertekad PKB Gus Dur Ikut Pemilu 2014

Selasa, 15 Februari 2011 – 05:21 WIB

JAKARTA - Konflik di internal PKB semakin membaraKetua Dewan Tanfidz "PKB Gus Dur" Yenny Zannuba Wahid menegaskan partainya akan berupaya mati-matian untuk menjadi peserta pemilu 2014

BACA JUGA: PAN Dorong Putra Amien Rais di Pilwako Jogja

Menurut dia, sikap itu telah menjadi keputusan Muktamar "PKB Gus Dur" di Surabaya, akhir Desember 2010 lalu.

"Tekad kami untuk 2014 adalah PKB Gus Dur akan ikut pemilu
Bentuknya seperti apa, sedang kami olah sekarang ini," kata Yenny di Gedung Parlemen, Senayan, kemarin (14/2).

Dia menerangkan ada banyak opsi yang bisa diambil "PKB Gus Dur"

BACA JUGA: Golkar Ingin Luruskan Persoalan Pajak Ical

Mulai islah dengan PKB pimpinan Muhaimin Iskandar, membentuk parpol baru, sampai bergabung dengan partai politik lain.

"Membentuk partai baru itu masuk salah satu opsi ketika islah sudah tidak bisa dilakukan
Meski begitu, kami terus berusaha melakukan islah

BACA JUGA: 10 Parpol Gurem Menuju Penggabungan

Tapi, islah yang betul, bukan bohong-bohongan," kata Direktur Eksekutif The Wahid Institute, itu.

Yenny sendiri belum bisa memastikan kapan keputusan final untuk membentuk parpol baru akan diambil"Kami belum mengambil sikap tegas ke arah sanaYang jelas sekarang ini, semua masih terus digodok," tegasnya.

Dia mengaku tidak khawatir dengan mepetnya waktu verifikasi di Kementerian Hukum dan HAM bila opsi membentuk parpol baru itu yang diambilSesuai UU Parpol dan jadwal yang telah disusun Kemenkum HAM, sekitar Oktober 2011, parpol "parpol yang mendapat status badan hukum sudah akan diumumkan"Sekarang saja beberapa partai kecil baru mulai bergabungSaya kira itu malah lebih susah lagi, menggabungkan semua, njelimet sekali itu," tutur Yenny.

Dia optimistis bila opsi membentuk partai baru yang diambil, "PKB Gus Dur" sudah siap sepenuhnya"Di level provinsi dari dulu sudah ada," katanyaBahkan, imbuh Yenny, saat ini, banyak tokoh "tokoh yang ingin bergabung"Beberapa wilayah sampai rebutanDi Jawa Timur saja ada delapan kabupaten/kota yang rebutan jadi pengurus PKBKami sampai pusing juga yang mana iniSaking animonya luar biasa," tutur dia lantas tersenyum.

Secara terpisah, Marwan Jafar, Ketua DPP PKB dari kubu Muhaimin, tidak terlalu khawatir dengan kemungkinan pembentukan partai politik baru yang dikomandani Yenny WahidDia hanya mengingatkan UU Parpol melarang penggunaan nama parpol yang sama"Nama PKB-nya sama kan nggak bolehMirip saja nggak boleh," tegasnya.

Dia menegaskan PKB terus membuka diri dengan opsi islahMereka siap mencari solusi terbaik bagi PKB"Kantor DPP terbuka lebar 24 jam," kata MarwanBagaimana kalau Yenny Wahid memutuskan membawa gerbongnya ke parpol lain? "Terserah saja, masing-masing orang punya hak politik, bebas dijamin UUD 1945," jawab Ketua Fraksi PKB di DPR itu, enteng(pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Tunggu Tawaran SBY


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler