Yuk Coba Menu Sarapan Sehat ini

Senin, 12 Maret 2018 – 05:18 WIB
ILUSTRASI Sarapan. Foto: India Times

jpnn.com - Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sarapan merupakan salah satu cara yang terbukti efektif untuk mendapatkan berat badan ideal.

Agar sarapan benar-benar bisa berperan dalam mewujudkan impian Anda memiliki berat badan ideal, berikut beberapa menu yang bisa dijadikan pilihan:

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Miliki Berat Badan Ideal

1. Gandum.

Gandum tinggi akan serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas.

BACA JUGA: 4 Manfaat Sarapan Pagi

Pada akhirnya, sarapan gandum setiap pagi akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan, sekaligus mencegah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

2. Telur.

BACA JUGA: Melewatkan Sarapan Melipatgandakan Risiko Rusaknya Arteri?

Apakah Anda gemar makan telur? Cobalah untuk menjadikannya sebagai menu sarapan sehari-hari.

Telur kaya akan protein dan kolin. Kedua zat gizi tersebut dapat berperan sebagai penekan rasa lapar, juga untuk menunjang kesehatan otak dan hati Anda. Sementara itu, lutein dan zeaxanthin yang ada pada kuning telur merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Yoghurt.

Layaknya dua makanan di atas, yoghurt juga bisa meningkatkan hormon yang berperan sebagai penekan rasa lapar. Selain itu, produk olahan susu ini juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran cerna Anda.

Namun, bagi Anda yang punya penyakit mag, sebaiknya hindari sarapan dengan yoghurt. Ini karena yoghurt bisa meningkatkan produksi asam lambung, khususnya jika dikonsumsi saat perut kosong.

4. Buah-buahan.

Buah-buahan yang mengandung kalori tinggi sangat baik untuk melengkapi menu sarapan Anda sehari-hari. Beberapa buah yang bisa Anda jadikan pilihan adalah pisang atau alpukat.

Contoh menu sarapan sehat.
Berikut beberapa contoh menu sarapan sehat yang dapat Anda jadikan sebagai patokan.

Menu 1

Campurkan ¾ cangkir gandum dengan buah pisang berukuran kecil. Menu sarapan ini hanya mengandung 250 kalori, dan cukup bisa menahan rasa lapar hingga waktu makan siang tiba.

Menu 2

Dua buah telur setengah matang dipadukan dengan segelas jus jeruk murni juga bagus untuk Anda konsumsi saat sarapan. Menu sehat ini mengandung sekitar 250 kalori.

Begitu pentingnya sarapan agar bisa membantu menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak lagi melewatkannya. Tetap ingat, untuk mengombinasikan konsumsi menu sarapan sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur, ya!(NB/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahuilah, Dampak Bila Anak Melewatkan Sarapan Pagi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler