Yusril Yakini Hamdan Bakal Pimpin MK Tanpa Cela

Jumat, 01 November 2013 – 19:49 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Majelis Syura Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, menjamin Hamdan Zoelva sebagai sosok yang berintegritas dan punya kapabilitas untuk memimpin Mahkamah Konstitusi (MK). Yusril mengaku sangat mengenal kepribadian Hamdan, sehingga yakin kredibilitas MK yang merosot sejak mencuatnya kasus suap kepada Akil Mochtar, bakal bisa pulih lagi.

"Insya Allah Hamdan akan memimpin MK dengan cara yang terbaik, sesuai kapasitas dan kemampuannya. Hamdan cerdas dan obyektif, dan dia sangat jujur," kata Yusril kepada JPNN, Jumat (1/11) petang.

BACA JUGA: Arief: Sudah tak Sebebas Seperti Dulu

Guru besar ilmu hukum tata negara itu mengaku sudah mengenal Hamdan sejak pengganti Akil di pucuk pimpinan MK itu masih mahasiswa. Selain itu, Hamdan juga menjadi kader Yusril di PBB.

Yusril pun berharap Hamdan akan mengikuti jejak kader-kader PBB yang sebelumnya juga pernah menjadi pengadil. Sebab, lanjut Yusril, kader-kader PBB yang masuk lembaga peradilan tidak pernah meninggalkan cacat.

BACA JUGA: Rhoma Siap Duet dengan JK di Pilpres

"Di MA dulu ada Bagir Manan, Abdul Rachman Saleh dan almarhum Rifyal Ka'bah. Di MK ada Muktie Fadjar dan Hamdan Zoelva. Saya yakin Hamdan obyektif, jujur dan tidak memihak siapapun kecuali konstitusi, hukum dan keadilan," tandas Yusril yang saat dihubungi mengaku tengah menjalani rawat inap di RSPAD Gatot Subroto akibat penyumbatan pembuluh darah ke otak.

Karenanya mantan Ketua Umum PBB itu mengaku siap menyediakan kader terbaiknya jika memang dibutuhkan negara. "Mereka tidak pernah korupsi, makan suap dan perbuatan tercela lainnya," pungkasnya.(ara/jpnn)

BACA JUGA: Minta Keterangan Ahli untuk Rampungkan Berkas Century

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tutup Akses Suap ke Hakim dan Panitera MK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler