Zakat Harta SBY Tambah Rp 6 juta

Bayar Lewat Baznas, Serahkan Titipan Ibas

Kamis, 09 September 2010 – 06:36 WIB

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin (8/9) membayar zakat Rp 26.342.200Zakat tersebut terdiri atas zakat mal (harta dan penghasilan) Rp 24.067.200 dan zakat fitrah untuk pribadi, keluarga, serta pembantu rumah tangga Rp 2.275.000.

Zakat yang dibayarkan SBY itu meningkat Rp 6 juta dibanding tahun lalu

BACA JUGA: Kolonel Pengkritik SBY Lewat Opini Terancam Sanksi

''Zakat ini ikhlas saya serahkan
Saya berharap bisa disalurkan dengan baik,'' kata SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/9)..

Dia menyerahkan zakat secara simbolis kepada Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Didin Hafidhuddin

BACA JUGA: Kapolri Pastikan Hanya Ada Dua Calon Pengganti

Dalam kesempatan itu, SBY juga menyerahkan titipan zakat dari putra bungsunya, Eddie Baskoro Yudhoyono alias Ibas
Jumlahnya hampir separo dari zakat SBY, yakni Rp 12.300.356.

SBY menyatakan akan terus mendukung program pengumpulan zakat

BACA JUGA: Ribuan Napi Bebas Saat Iedul Fitri

''Silakan menghubungi saya jika membutuhkan bantuanSemoga program aksi seperti itu berjalan dengan baik,'' ujarnya.

Didin Hafidhuddin menuturkan, jumlah zakat yang terkumpul secara nasional melalui lembaga-lembaga pengumpul dan penyalur zakat terus meningkatPada 2008, total zakat nasional mencapai Rp 920 miliarPada 2009 meningkat menjadi Rp 1,2 triliunTahun ini diharapkan bisa lebih dari Rp 1,5 triliun''Kami yakin itu bisa terlampaui karena dukungan pemerintah dan BUMN sangat besar,'' tuturnya.

Dia mengungkapkan, potensi zakat masih cukup besarPada 2008, potensinya mencapai Rp 85 triliunTahun ini, potensi zakat sekitar Rp 100 triliunJumlah tersebut dihitung berdasar 2 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang sekarang mencapai Rp 5.000 triliun.

Didin juga mengimbau masyarakat membayarkan zakat melalui lembaga amil zakatTujuannya, mengurangi insiden yang kerap terjadi saat penerima zakat berdesak-desakanDia menyatakan, membiarkan penerima zakat berpanas-panasan dan berdesak-desakan justru akan merendahkan martabat manusia''Lebih baik disalurkan melalui badan amil zakat,'' ujarnya.

Open House

Sementara itu, SBY tahun ini tidak mengadakan open house di kediaman pribadi di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, sebagaimana tradisi setiap tahunTahun ini, SBY hanya mengadakan open house di Istana Negara.

Acara open house di Puri Cikeas ditiadakanMasyarakat yang ingin hadir di Istana Negara diminta mengenakan pakaian bebas, rapi, serta tak membawa tas, kamera, dan telepon seluler.

Dalam siaran pers yang dirilis Rumah Tangga Kepresidenan, Sekretariat Negara RI, open house dalam rangka peringatan 1 Syawal 1431 H untuk masyarakat luas hanya dilakukan di Istana Negara pada pukul 15.00 hingga 17.00Masyarakat dipersilakan menuju Istana Negara melalui pintu Sekretariat Negara di Jalan Majapahit 7 yang mulai dibuka pukul 14.00 dan ditutup pukul 16.30.

Pada hari kedua Idul Fitri, SBY akan sungkem kepada ibundanya, Siti Habibah, dan para keluarga sepuh presiden(sof/c5/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berbagi Ilmu Agama, Hatta Khatib Ied di Cut Meutia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler