Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

10 Spion Rusia Dideportasi

Jumat, 09 Juli 2010 – 14:56 WIB
10 Spion Rusia Dideportasi - JPNN.COM
Anna Chapman. Foto: Sipa Press/Rex Features
NEW YORK - 10 mata-mata Rusia yang terungkap dan bergulir menjadi skandal spionase terbesar sejak berakhirnya perang dingin, hari ini atau Kamis (8/7) waktu New York, telah dideportasi dari Amerika Serikat. 10 mata-mata itu akan ditukar dengan empat orang warga Rusia yang membelot ke barat.

10 mata-mata, termasuk agen cantik Anna Chapman, meninggalkan New York menuju Moskow setelah dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Manhattan, atas tuduhan melakukan konspirasi. Pengadilan memerintahkan 10 mata-mata Rusia itu untuk segera hengkang dari AS.

Sebelumnya, 10 mata-mata Rusia ditangkap pekan lalu di sebuah rumah di sebelah Timur Laut kota New York. Mereka didakwa menyusup ke dalam kehidupan masyarakat AS dengan memalsukan paspor, membuat kata-kata dengan kode rahasia, pemalsuan identitas dan memiliki tinta tak kasat mata, serta memiliki radio berenkripsi.

Untuk memuluskan aksinya, para spion Rusia itu menyaru seperti masyarakat biasa dengan bekerja sebagai akuntan di sebuah persahaan, menjadi agen real-estate, bahkan menjadi kolumnis untuk sebuah koran berbahasa Spanyol.

NEW YORK - 10 mata-mata Rusia yang terungkap dan bergulir menjadi skandal spionase terbesar sejak berakhirnya perang dingin, hari ini atau Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close