Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

14 Desa di Kabupaten Bekasi Bakal Dilalui Kereta Cepat

Kamis, 03 Agustus 2017 – 04:27 WIB
14 Desa di Kabupaten Bekasi Bakal Dilalui Kereta Cepat - JPNN.COM
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan melintasi wilayah Kabupaten Bekasi.

Megaproyek yang dibangun atas kerja sama Indonesia-Tiongkok itu rencananya akan ditetapkan pekan ini.

Penetapan dilakukan untuk menginventarisir luas lahan yang dibutuhkan pembangunan jalur rel sejauh 142,3 kilometer.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Agus Susanto mengatakan, penetapan lokasi itu disampaikan pihak PT Kereta Cepat Indonesia-Tiongkok saat melakukan pertemuan bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Perumahan Rakyat, perwakilan pemerintah daerah, perwakilan pemerintah desa, kepolisian serta BPN, pada pekan lalu.

“Jadi dari hasil pemaparan dari pihak KCIC, dilakukan perencanaan lokasi. Kabupaten Bekasi turut hadir, begitu juga BPN Kabupaten Bekasi, karena turut terlewati kereta tersebut. Dari perencanaan tersebut, pihak desa menyosialisasikan pada masyarakat, kemudian setelah itu dilakukan penetapan lokasi. Tanggal 31 Juli kemarin atau pekan ini lokasi ditetapkan,” kata Agus.

Dikatakan Agus, penetapan lokasi tersebut penting diketahui masyarakat. Pasalnya, mayoritas lahan yang nantinya digunakan untuk kereta cepat merupakan milik masyarakat.

“Di Kabupaten Bekasi sendiri akan ada 14 desa dari lima kecamatan yang terlewati. Namun luasnya berapa belum diketahui, setelah lokasi ditetapkan baru nanti diketahui,” katanya.

Menurut Agus, BPN dilibatkan sebagai pihak penyedia lahan. Nantinya, lahan masyarakat yang akan digunakan untuk kereta cepat akan dihitung nilainya oleh tim appraisal.

Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan melintasi wilayah Kabupaten Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close