Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

1.414 Hektare Lahan Dibuka Untuk Pertanian di Batang

Senin, 13 Mei 2024 – 20:00 WIB
1.414 Hektare Lahan Dibuka Untuk Pertanian di Batang - JPNN.COM
Anggota Komando Distrik Militer 0736/Batang sedang melakukan perluasan lahan pertanian di Desa Sawahjoho, Kabupaten Batang, Senin (13/5/2024). (ANTARA/Kutnadi)

jpnn.com, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang bersama Komando Distrik Militer 0736/Batang menargetkan untuk membuka lahan pertanian baru seluas 1.414 hektare yang tersebar di 15 kecamatan.

Pelaksana Tugas Dinas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso mengatakan bahwa perluasan lahan tersebut akan difokuskan untuk lahan tanaman padi dan jagung.

"Seperti halnya, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini di Desa Sawahjoho dan Kalibeluk, Kecamatan Warungasem difokuskan untuk tanaman padi dan jagung," ujar dia dikutip dari Antara, Senin (13/5).

Dia yang didampingi Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Warungasem Hikmah Fitriyani mengatakan sebagai wujud dukungan, pihaknya memberikan bantuan berupa alat pompa untuk mengoptimalkan sistem pengairan.

"Hal itu, kami anggap penting dilakukan untuk membantu percepatan pengairan di musim tanam kedua ini," katanya.

Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Infantri Ahmad Alam Budiman mengatakan hingga saat ini luas lahan yang sudah digarap menjadi lahan pertanian mencapai seluas 666 hektare atau 47 persen.

Salah satu lahan yang menjadi sasaran, kata dia, adalah di Desa Sawahjoho Warungasem seluas 5 hektare.

Menurut Ahmad Alam, kegiatan serupa akan dilakukan secara berkelanjutan di lahan-lahan desa yang tersebar di 15 kecamatan untuk membantu petani menggarap sawah.

Pemkab Batang dan Kodim Batang berencana untuk menbuka lahan pertanian seluas 1.414 hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close