Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

15 Warga Desa Adat Dibunuh Secara Brutal Oleh Kelompok Bersenjata

Selasa, 23 Juni 2020 – 14:01 WIB
15 Warga Desa Adat Dibunuh Secara Brutal Oleh Kelompok Bersenjata - JPNN.COM
Police line. Foto : Pixabay

jpnn.com, MEXICO CITY - Peristiwa berdarah terjadi di selatan Meksiko, Senin (22/6). Sekelompok orang bersenjata membunuh 15 penduduk asli desa adat di selatan Meksiko, wilayah yang mengalami banyak percekcokan.

Otoritas setempat menyatakan, insiden itu jadi serangan paling brutal yang terjadi di wilayah selatan Meksiko dalam beberapa tahun terakhir.

Kejaksaan wilayah negara bagian Oaxaca mengatakan korban serangan pada Minggu malam (21/6) itu merupakan 13 pria dan dua perempuan. Jasad mereka ditemukan pada minggu pagi di Kota San Mateo del Mar di daerah timur pelabuhan Salina Cruz.

Pemerintah daerah San Mateo del Mar, lewat pernyataan tertulis, mengatakan serangan itu dilakukan setidaknya oleh enam orang bersenjata, diduga dibantu oleh seorang bos preman setempat.

Dalam pernyataan terpisah, kejaksaan Oaxaca mengatakan aparat masih menyelidiki insiden pembantaian warga di Desa Adat Huazantlan del Rio. Desa itu merupakan tempat tinggal bagi suku asli Ikoots.

Aparat juga masih menyelidiki kemungkinan pelaku membawa senjata saat beraksi.

Dua perempuan yang tewas sempat memprotes tindakan kekerasan dari salah satu tersangka. Pemerintah daerah menyampaikan tersangka menyebut dirinya sebagai wakil dari Huazantlan del Rio.

Konflik di Huanztlan del Rio bermula dari penutupan jalan desa, dilakukan oleh mereka yang mengaku mewakili pemerintah desa. Penutupan jalan berlangsung selama beberapa minggu.

Aparat masih menyelidiki peristiwa berdarah yang menewaskan 15 penduduk asli desa adat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close