Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

17 KL Dianggap Tak Serius Jalankan Reformasi Birokrasi

Belum Punya Job Grading, Pemberian Tunjangan Kerja Terhambat

Sabtu, 08 Oktober 2011 – 20:34 WIB
17 KL Dianggap Tak Serius Jalankan Reformasi Birokrasi - JPNN.COM
JAKARTA - Pimpinan kementerian/lembaga (KL) diminta lebih serius dalam  melaksanakan reformasi birokrasi di instansi yang dipimpinnya. Tanpa dorongan pimpinan, reformasi birokrasi di masing-masing instansi tidak akan jalan.

"Perlu komitmen kuat dari pimpinan untuk menjalankan reformasi birokrasi. Pimpinan tegas, bawahan pasti tidak berani macam-macam. Sebaliknya kalau pimpinan tidak benar, bawahannya akan lebih bobrok," ungkap Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, Sabtu (8/10).

Dikatakannya, sejak Januari hingga September 2011, sudah 17 kementerian/lembaga yang mengajukan dokumen usulan reformasi birokrasi dengan format baru. Hanya saja, dokumennya belum disertai berita acara job grading, yang merupakan salah satu syarat utama terkait dengan pemberian tunjangan kinerja.

"Bagaimana bisa diberi tunjangan kinerja kalau job gradingnya belum ada. Tapi mungkin instansi-instansi ini mengalami kesulitan dalam penyusunan job grading. Karena penyusunannya harus sesuai aturan, dan berdasarkan beban kerja. Jadi bukan karena unsur kedekatan dan perasaan saja. Sesuai grand design reformasi birokrasi, job gradingnya ada 19 grade, dari sebelumnya 18 grade. Untuk grade 19 diperuntukkan wakil menteri," tuturnya.

JAKARTA - Pimpinan kementerian/lembaga (KL) diminta lebih serius dalam  melaksanakan reformasi birokrasi di instansi yang dipimpinnya. Tanpa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA