Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Lembaga Survei Ini Tempatkan Andi Sumangerukka dengan Elektabilitas Tertinggi di Sultra

Senin, 10 Juni 2024 – 21:17 WIB
2 Lembaga Survei Ini Tempatkan Andi Sumangerukka dengan Elektabilitas Tertinggi di Sultra - JPNN.COM
Purnawirawan TNI AD Mayjen (purn) Andi Sumangerukka (ASR). Foto: Source for jpnn

jpnn.com, KENDARI - Sejumlah lembaga survei mengeluarkan rilis terbaru terkait hasil survei beberapa nama Bakal Calon (Balon) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024, dari beberapa nama Balon Gubernur Sultra.

Purnawirawan TNI AD Mayjen (purn) Andi Sumangerukka (ASR) berada di urutan teratas terkait elektabilitas yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Poltracking Indonesia. 

"Andi Sumangerukka berhasil meraih persentase dukungan mencapai 15,4 persen. Menyusul Ridwan Bae dengan persentase 11,2 persen, dan Kery Saiful Konggoasa (KSK) 11 persen," ujar peneliti senior LSI Denny JA Ikrama Masloman dalam keterangannya.

Ikrama Masloman mengatakan elektabilitas ASR menguat di kalangan masyarakat Sultra karena dinilai sosok pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi.

“Jadi, isu etnis sudah bergeser dan masyarakat fokus memilih pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi,” katanya.

"Elektabilitas yang ada saat ini tidak jauh berbeda dari survei sebelumnya, Andi Sumangerukka masih tertinggi. Namun masih sekitar 10,5 persen masyarakat belum memilih," pungkasnya.

Dari hasil survei LSI Denny JA untuk Balon Gubernur Sultra, ASR berada di urutan teratas dengan 13,7 persen. ASR disusul Kery Saiful Konggoasa (KSK) dengan 10,1 persen, Ridwan Bae 9,8 persen, La Ode Ida 8,7 persen, Lukman Abunawas 6,5 persen, dan Rusda Mahmud 4,1 persen.

Nama lainnya ialah Tina Nur Alam, Umar Samiun, Rusman Emba, Surunuddin, Abdurrahman Shaleh, Ruksamin, Wa Ode Nurhayati, dan La Ode Umar Bonte yang masing-masing meraih 4 persen.

Dalam simulasi 15 bakal calon gubernur, elektabilitas Andi Sumangerukka masuk yang tertinggi di Sultra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close