Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Menteri & 4 Tokoh Ini Dukung Permendikbudristek PPKS, Termasuk Gus Yaqut

Jumat, 12 November 2021 – 22:14 WIB
2 Menteri & 4 Tokoh Ini Dukung Permendikbudristek PPKS, Termasuk Gus Yaqut - JPNN.COM
Peluncuran Permendikbudristek PPKS oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbudristek tetap meluncurkan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan Perguruan Tinggi.

Bahkan, peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-14: Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual oleh kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu dihadiri dua menteri lainnya dan empat tokoh perempuan.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut Permendikdubristek PPKS bertujuan untuk mencegah dan menangani setidaknya 11 kemungkinan kejadian kekerasan seksual yang menimpa hubungan antarmahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, warga kampus, dan masyarakat umum yang berinteraksi dengan mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Dia mencontohkan, Pasal 4 dalam Permendikbudristek PPKS menyebutkan jika mahasiswa perguruan tinggi X mengalami kekerasan seksual yang dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi Y, maka penanganan oleh Satgas kedua kampus merujuk ke Permendikbudristek 30/2021 itu.

"Permendikbudristek PPKS merinci bentuk tindakan dengan konsekuensi sanksi administratif, mengakui kemungkinan bentuk kekerasan seksual tersebut berkembang, dan mengatur langkah-langkah pencegahan guna mengurangi kerugian akibat kasus kekerasan seksual,” sebut Menteri Nadiem Anwar.

Menurut Nadiem, selama ini dalam proses penanganan kekerasan seksual sering muncul kebingungan terkait hal-hal apa yang dapat dipahami sebagai kekerasan seksual.

Rendahnya pemahaman terkait hal itu juga kerap menyulitkan proses penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-14: Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual itu juga dihadiri Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut; Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia Diah Pitaloka.

Mendikbudristek Nadiem Makarim tetap meluncurkan Permendikbudristek PPKS yang didukung 2 menteri termasuk Gus Yaqut dan 4 tokoh perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close