Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

291 Rumah Sakit Mengajukan Klaim Covid-19 pada BPJS Kesehatan

Minggu, 31 Mei 2020 – 06:19 WIB
291 Rumah Sakit Mengajukan Klaim Covid-19 pada BPJS Kesehatan - JPNN.COM
BPJS Kesehatan. Ilustrasi Foto: Idham Ama/Fajar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 291 rumah sakit telah mengajukan klaim khusus untuk kasus covid-19 di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Beberapa klaim yang diajukan oleh RS telah diverifikasi dan diajukan ke Kementerian Kesehatan untuk diproses lebih lanjut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf, melalui keterangan tertulis baru-baru ini.

Iqbal menjelaskan, setelah melakukan verifikasi, BPJS Kesehatan akan menerbitkan Berita Acara Verifikasi pembayaran tagihan klaim pelayanan kepada Kementerian Kesehatan.

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan akan membayarkan klaim kepada rumah sakit setelah dikurangi uang muka yang telah diberikan sebelumnya.

“Biaya klaim akan ditransfer ke rekening instansi RS oleh Kementerian Kesehatan dalam kurun waktu tiga hari kerja. Pembiayaan klaim pasien covid-19 ini berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau sumber dana lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata Iqbal.

Iqbal juga mengingatkan masa kedaluwarsa klaim adalah tiga bulan setelah status pandemi covid-19 dicabut oleh pemerintah.

Untuk itu, diharapkan RS bisa menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dengan lengkap agar proses pengajuan klaim berjalan lancar.

“Berkas klaim pasien covid-19 yang dapat diajukan adalah yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020. Berkas-berkas pendukung verifikasi ini harus diajukan dalam bentuk softfile melalui aplikasi e-Claim INA CBGs,” ujar Iqbal.

Adapun kriteria khusus pasien covid-19 yang bisa diklaim biaya perawatannya di BPJS Kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close