Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Akmil AS Beri Beasiswa kepada Taruna RI, Prabowo: Ini Pertama Kali, Membanggakan!

Senin, 05 September 2022 – 21:41 WIB
3 Akmil AS Beri Beasiswa kepada Taruna RI, Prabowo: Ini Pertama Kali, Membanggakan! - JPNN.COM
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto. (ANTARA/HO-Humas Kementerian Pertahanan).

jpnn.com, JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mengirim taruna untuk menjalani pendidikan dan pelatihan di tiga akmil bergengsi Amerika Serikat (AS) dalam waktu bersamaan.

Tiga akademi tersebut yaitu Akmil AS atau The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

“Ini pertama kalinya ada taruna Indonesia yang mengikuti pendidikan di tiga Akademi Militer di AS sekaligus, dan dengan beasiswa penuh. Kalian membanggakan,” kata Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Keberangkatan para taruna Indonesia ke tiga akmil bergengsi ini adalah hasil dari diplomasi pertahanan yang dilakukan Prabowo pada Oktober 2020 lalu di mana ia meminta kepada US Secretary of Defense/Menhan AS saat itu Mark T Esper agar taruna Indonesia diberi kesempatan untuk menjalani pendidikan dan pelatihan di tiga akmil tersebut.

Pada 2021, kandidat taruna dari Indonesia langsung diberi kesempatan mengikuti seleksi.

Hasilnya, tiga taruna telah berhasil dikirim untuk menjalani pendidikan ke AS, yaitu Febriata Suryana dan Juandito Cahyo Nugroho dari Akademi Angkatan Laut (AAL) RI ke USNA, dan Tri Bawono Nugroho dari Akademi Angkatan Udara (AAU) RI ke USAFA.

Pada 2022, tepatnya Juli lalu, Indonesia berhasil mengirim tiga taruna ke tiga akmil sekaligus di AS untuk pertama kalinya, yaitu Roosevelt C Purba ke Westpoint, Hikmal Fikri Wildan ke USNA, dan Muhammad Rafi Maulana ke USAFA.

Mereka akan belajar selama empat tahun di masing-masing akademi.

Pertama kalinya dalam sejarah, taruna Indonesia mendapat beasiswa dari tiga akmil Amerika Serikat dalam waktu bersamaan. Simak respons Pak Prabowo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close