Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Sabtu, 07 Desember 2019 – 09:11 WIB
3 Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil - JPNN.COM
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Anemia pada ibu hamil merupakan salah satu kondisi yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, anemia dapat mengganggu dan menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya bagi ibu dan juga bayi.

Agar ini tidak terjadi, bagaimana sih cara mengatasi anemia pada ibu hamil?

Kondisi anemia pada ibu hamil

Saat hamil, Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Maksudnya, tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup untuk mengantarkan oksigen ke jaringan tubuh.

Hal ini disebabkan selama kehamilan Anda membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi yang dibutuhkan wanita tidak hamil.

Dilansir dari American Prenancy, tubuh Anda membutuhkan banyak zat besi untuk membuat lebih banyak darah untuk memasok oksigen ke bayi Anda.

Jika Anda tidak memiliki cukup cadangan zat besi atau mendapatkan asupan zat besi selama kehamilan, Anda bisa mengalami anemia defisiensi besi.

“Penyebab seorang ibu hamil mengalami anemia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia sangat beraneka ragam. Mulai dari kondisi kurang gizi atau malnutrisi, kurang asupan zat besi, asam folat, dan vitamin yang cukup selama kehamilan,” kata dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter.

Saat hamil, Anda berisiko tinggi mengalami anemia. Maksudnya, tidak memiliki sel darah merah dalam jumlah yang cukup untuk mengantarkan oksigen ke jaringan tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close