Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Hal Ini Wajib Jadi Perhatian dalam Membangun Smart City

Selasa, 05 April 2022 – 15:53 WIB
3 Hal Ini Wajib Jadi Perhatian dalam Membangun Smart City - JPNN.COM
Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap membeberkan tiga kunci pembangunan smart city. Ilustrasi IKN sebagai smart city: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan konsep smart city makin menarik perhatian.

“Smart city juga harus bisa menumbuhkan ekonomi. Karena memang sudah ada investasi di lingkungan smart city,” kata Irawan dalam acara Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2022, dengan tema ‘Building Digital City’, Selasa (5/4).

Menurutnya, Sinar Mas Land turut mendorong terciptanya smart city di Indonesia dengan tiga tujuan, yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Namun, dalam isu sosial pihaknya memperhatikan beberapa aspek, seperti penduduk yang tinggal dan pengunjung yang datang ke calon daerah smart city tersebut.

"Jadi, saat kota pintar tersebut terwujud, baik penduduk maupun pengunjung dapat melakukan aktivitas sosial dengan nyaman, berkolaborasi, serta bersinergi," ungkap Irawan.

Selain itu, pengembang juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Irawan mencontohkan dalam pembangunan BSD City yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land kawasan yang berada di Tangerang Selatan tersebut hanya memiliki 35 persen area pembangunan.

"Luas kawasan jalan dan hijau mencapai 65 persen," ucap dia.

Dengan demikian, diharapkan dapat mewujudkan kota berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap membeberkan tiga kunci pembangunan smart city

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close